Yasa, Made Deva Maha and Sadguna, I Gde Agus Jaya and Putra, I Gusti Agung Sadnyana (2022) Prosedur Penanganan Barang Bawaan Tamu Grup di The Ritz-Carlton, Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_93402_191582110_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (COVER - Bab 1, Bab 5, dan Referensi)
RAMA_93402_1915823110_0010028504_0023036309_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Kantor Depan di hotel The Ritz-Carlton, Bali memiliki peranan yang sangat penting dalam melaksanakan operasional hotel. Oleh karena itu, karyawan yang bekerja di bagian ini harus mampu berkomunikasi dengan baik, memiliki pengetahuan tentang produk-produk hotel, dan cara melayani tamu dengan baik. Salah satu jenis tamu yang menginap di The Ritz-Carlton, Bali yaitu tamu grup. Dengan cara melakukan pengamatan secara langsung dalam melakukan penanganan barang bawaan tamu grup oleh Bellman selama melakukan PKL atau training, mengajukan beberapa pertanyaan secara langsung dengan dua orang Guest Service Supervisor dan dua Senior Bellman di The Ritz – Carlton, Bali. Membaca buku-buku yang terlampir pada daftar pusaka, buku Tugas Akhir dan Laporan PKL yang berkaitan dengan pembuatan Tugas Akhir sebagai referensi. Berpedoman pada Standard Operating Procedure (SOP) prosedur dalam menangani barang bawaan tamu grup di hotel The Ritz-Carlton, Bali pada Departemen Kantor Depan khususnya pada seksi Bellman. Tahap persiapan, yang terbagi menjadi dua yaitu persiapan diri dan persiapan area kerja. Tahap proses, mulai dari bellman menerima muatan barang bawaan tamu grup yang baru tiba dan melakukan proses pengiriman barang bawaan tamu (bell arrival). Tahap akhir, adalah penutupan yang dilakukan oleh bellman setelah melakukan penanganan barang bawaan tamu grup. Hambatan yang timbul dalam menangani barang bawaan tamu grup di The Ritz-Carlton Bali, antara lain Barang bawaan tamu yang tertukar keterlambatan pengiriman barang bawaan tamu melakukan pembaharuan terhadap peralatan operasional yang ada demi menunjang kegiatan operasional yang ada di Guest Service seperti trolley dan buggy 4 seater. Pada saat Occupancy yang tinggi, penambahan pekerja harus dilakukan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | Made Deva Maha Yasa |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 12:26 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 12:26 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/365 |
Actions (login required)
View Item |