Penanganan One Bed Room Suite oleh Room Attendant di Novotel Bali Nusa Dua-Hotel & Residences

Mahendra, I Gede Surya and Kanca, I Nyoman and Putra, I Gusti Agung Sadnyana (2022) Penanganan One Bed Room Suite oleh Room Attendant di Novotel Bali Nusa Dua-Hotel & Residences. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_1915823052_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_1915823052_0031126083_0023036309_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Hotel adalah tempat akomodasi yang disediakan untuk para wisatawan berkunjung ke tempat pariwsata. Seperti yang didefinisikan Menurut Sulastiyono (2011) “meyatakan pengertian hotel adalah suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman, dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan jumlah yang wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus”. Industri jasa perhotelan melayani pengadaan tempat atau kamar untuk bermalam dan juga pengadaan makanan dan minuman. Dengan adanya hotel maka setiap wisatawan asing ataupun domestik yang datang ke daerah tujuan wisata tidak perlu merasa khawatir mengenai tempat mereka akan menginap. Salah satu hotel di Nusa Dua yang menjadi favorit wisatawan adalah Novotel Bali Nusa Dua – Hotel & Residences. Novotel Bali Nusa Dua – Hotel & Residences yang di bangun pada tahun 2007 ini memiliki 169 kamar. Dalam memberikan pelayanan dibutuhkan beberapa departmen untuk menunjang operasional hotel, seperti: housekeeping departement, food & beverage department, front office departement, engineering departement, human resource departement, dan sales and marketing department. Salah satu produk utama dari hotel adalah kamar yang ditangani langsung oleh housekeeping department. Berdasarkan data yang diperoleh, Novotel Bali Nusa Dua – Hotel & Residences memiliki 4 jenis kamar yaitu, Deluxe Room, One Bed Room Suite, Two Bed Room Suite With Private Pool, Three Bed Room Suite With Private Pool. Penanganan one bed room suite oleh room attendant di Novotel Bali Nusa Dua – Hotel & Residences adalah sebagai berikut: a. Tahap persiapan Tahap ini terbagi menjadi dua bagian yaitu, persiapan diri dan persiapan peralatan dan perlengkapan. b. Tahap pelaksanaan Tahap ini meliputi beberapa rangkaian yaitu: masuk kamar, menghidupkan lampu, mengeluarkan peralatan room service, mengumpulkan sampah, mengumpulkan gelas kotor, stripping bed, making bed (menata tempat tidur), membersihkan dapur, menata kamar mandi, membersihkan furniture kamar, membersihkan kaca, vacuuming, melengkapi perlengkapan kamar dan final checking, kemudian selesai menata kamar serta mengisi room attandent detail report. c. Tahap penyelesaian Tahap terakhir yang dilakukan adalah tahap penyelesaian yang meliputi: penggudangan, mengembalikan kunci dan room status detail report. 2. Kendala yang sering dihadapi selama penanganan One bed room suite oleh room attendant di Novotel Bali Nusa Dua – Hotel & Residences yaitu: 58 a. Masalah kekurangan linen untuk menata kamar b. Masalah pekerjaan tidak terselesaikan seperti yang ditetapkan pada SOP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: I Gede Surya Mahendra
Date Deposited: 29 Sep 2022 22:06
Last Modified: 29 Sep 2022 22:06
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/3734

Actions (login required)

View Item View Item