Pelayanan Pembersihan Kamar yang Berkualitas oleh Room Attendant di InterContinental Bali Resort

Ramawan, I Gusti Ketut Agung and Widana, I Putu Krisna Arta and Kanca, I Nyoman (2022) Pelayanan Pembersihan Kamar yang Berkualitas oleh Room Attendant di InterContinental Bali Resort. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_1915823123_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover – Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_1915823123_0711018902_0031126083_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (673kB)

Abstract

1. Prosedur Pembersihan Kamar Yang Berkualitas Di InterContinental Bali Resort. a. Tahap Persiapan awal meliputi : persiapan diri, persiapan operasional dimana seorang room attendant harus mempersiapkan diri sebelum melakukan pekerjaan dan juga harus mempersiapkan peralatan dan perlengkapan operasional. b. Tahap Pelaksanaan, setelah semua persiapan sudah siap maka berikutnya penanganan kamar dimulai dengan membawa trolly room attendant dan carry caddy ke depan pintu kamar, kemudian room attendant memasuki kamar tamu, setelah itu room attendant melakukan pengecekan kamar terlebih dahulu, setelah selesai melakukan pengecekan barulah room attendant mulai melakukan pembersihan seperti menata tempat tidur (making bed), membersihkan kamar mandi (bath room), melengkapi lena, membersihkan balcony, vacuuming, dusting dan mopping. c. Tahap Akhir yaitu: pengecekan terakhir bertujuan untuk agar tidak adanya kekurangan baik dalam hal kelengkapan maupun kebersihan kamar. 2. Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam Prosedur Pembersihan Kamar Yang Berkualitas Di InterContinental Bali Resort. a. Tamu yang memiliki banyak permintaan. Cara mengatasinya yaitu, memberi penjelasan kepada tamu mengenai proses perpindahan kamar agar tamu tersebut mengerti akan pekerjaan Room Attendant. b. Penyediaan linen yang sedikit. Cara mengatasinya yaitu, pihak hotel perlu menambahkan stock linen yang baru agar proses pembersihan kamar dapat berjalan dengan lancar. c. Amenities yang tersedia di housekeeping office habis. Cara mengatasinya yaitu, petugas di housekeeping perlu memeriksa segala amenities yang tersedia sebelum amenities tersebut habis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: I Gusti Ketut Agung Ramawan
Date Deposited: 10 Oct 2022 04:35
Last Modified: 10 Oct 2022 04:35
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/4400

Actions (login required)

View Item View Item