Penerapan Green Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Kamar di Fame Hotel Gading Serpong

Purnomo AP, Bambang and Aryana, I Nyoman Rajin and Damayanti, Ida Ayu Kade Werdika (2022) Penerapan Green Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Kamar di Fame Hotel Gading Serpong. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_2115854012_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115854012_0004077508_0808098402_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan green marketing untuk meningkatkan penjualan kamar di Fame Hotel Gading Serpong. Green marketing itu sendiri adalah suatu upaya Hotel untuk menyediakan produk dan Fasilitas yang ramah lingkungan bagi Tamunya. Segala bentuk informasi tentang Hotel dan juga menu di restaurant merupakan salah satu contoh kegiatan yang ramah lingkungan, dimana hotel melakukan penghematan yang berpengaruh pada tindakan yang ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan green marketing yang dapat meningkatkan penjualan kamar. Instrumen utama pengumpulan data adalah melalui proses wawancara dengan Tim Sales & Marketing Fame Hotel Gading serpong dimana menunjukkan bahwa hotel telah menerapkan green marketing di lingkungan Hotel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tamu mulai sadar dan ikut berperan serta dalam melestarikan lingkungan, dan ditunjukkan dengan adanya komen positif mengenai pemakaian botol tumbler sebagai pengganti air minum dalam kemasan plastik, kemudian juga adanya komentar mengenai penggantian buku informasi hotel menjadi quick response code (QR Code) dalam rangka penghematan pemakaian kertas. Disamping itu hotel telah menerapkan beberapa signage tentang ajakan untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan. Penerapan green marketing mempunyai pengaruh yang positif dan baik terhadap peningkatan penjualan Kamar. Berdasarkan hasil penelitian yang ada, adaptasi penerapan green marketing perlu dilakukan untuk melestarikan lingkungan dan juga untuk pihak hotel dapat meningkatkan penjualan kamar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial > Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Bambang Purnomo Ap
Date Deposited: 10 Oct 2022 06:08
Last Modified: 11 Oct 2022 03:44
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/4470

Actions (login required)

View Item View Item