Implementasi Kualitas Pelayanan dalam Meningkatkan Kepuasan Tamu pada Departemen Housekeeping di Sudamala Suites and Villas Senggigi

Hadi, Abdul and Astawa, I Ketut and Nadra, Nyoman Mastiani (2022) Implementasi Kualitas Pelayanan dalam Meningkatkan Kepuasan Tamu pada Departemen Housekeeping di Sudamala Suites and Villas Senggigi. Repositori Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Artikel)
RAMA_933303_2115854047_artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (204kB)
[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_933303_2115854047_pernyataan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (97kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi kualitas pelayanan dalam meningkatkan kepuasan tamu pada departemen housekeeping di Sudamala Suites and Villas Senggigi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana im-plementasi kualitas pelayanan dalam meningkatkan kepuasan tamu pada departemen housekeeping di Sudamala Suites and Villas Senggigi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara pihak hotel, kuesioner, dan studi kepustakaan, Pada penelitian ini digunakan teknik non-probability sampling dengan teknik sampel jenuh di mana seluruh populasi dijadikan sampel. Kuesioner dibagikan kepada 74 responden yang pernah merasakan menginap di Sudamala Suite and Villa. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini digunakan 5 variabel bebas meliputi tangible (X1), empathy (X2), responsiveness (X3), reliability (X4), assurance (X5), dan variabel terikat yaitu kepuasan terhadap implementasi kualitas pelayanan pada Departemen House-keeping (Y). Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kualitas pelayanan sudah melakukan dengan baik sesuai hasil observasi dan wawancara dengan pihak hotel terkait, Serta tingkat kepuasan tamu yang disebarkan melalui kusioner dengan hasil di atas rata rata.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Abdul Hadi
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:26
Last Modified: 07 Nov 2022 06:30
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/4632

Actions (login required)

View Item View Item