Penerapan Bauran Promosi dalam Meningkatkan Hunian Kamar pada Hotel Melia Bali

Widiadnyani, Ni Luh and Suarja, I Ketut and Sutarma, I Gusti Putu (2023) Penerapan Bauran Promosi dalam Meningkatkan Hunian Kamar pada Hotel Melia Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1915834124_0031126242_0031126457_Part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1915834124_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan bauran promosi dalam meningkatkan hunian kamar pada hotel Melia Bali dan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan bauran promosi dalam meningkatkan hunian kamar pada hotel Melia Bali. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebesar 30 responden. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara serta kuisioner untuk melengkapi data primer. Kemudian data yang telah didapatkan dari uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisis regresi linier sederhana. Penelitian ini menggunakan SPSS 26.0 dalam melakukan olah data yang telah didapatkan dari responden. Hasil dari pengolahan data deskriptif kuantitatif yaitu bauran promosi berupa Green Advertising, Personal Selling, serta Sales Promotion yang dilakukan oleh pihak Sales and Marketing Department dapat memberikan keuntungan bagi pihak hotel Melia Bali khususnya pada tingkat hunian kamar hotel Melia Bali. Hasil uji t dalam penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji t (parsial) diperoleh t-hitung sebesar 5,185 sedangkan t-tabel diperoleh nilai sebesar 2,048, yang artinya bahwa nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel. Yang artinya bahwa ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara penerapan bauran promosi (X) terhadap tingkat hunian kamar (Y). Dengan adanya pengaruh positif dan signifikan, artinya jika bauran promosi meningkat, tingkat hunian kamar juga meningkat di Hotel Melia Bali yang memberikan simpulan bahwa peningkatan bauran promosi mengakibatkan kenaikan pada tingkat hunian kamar. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa besarnya pengaruh bauran promosi terhadap tingkat hunian kamar sebesar 47,2% ini menunjukkan bahwa bauran promosi memberikan kontribusi yang besar terhadap tingkat hunian kamar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Ni Luh Widiadnyani
Date Deposited: 15 Aug 2023 09:07
Last Modified: 15 Aug 2023 09:07
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/6944

Actions (login required)

View Item View Item