Gandi, Ni Nyoman Trisna Rima and Suarja, I Ketut and Sari, I Gusti Agung Mas Krisna Komala (2023) Implementasi Green Action untuk Mendukung Green Hotel pada Front Office Department di Andaz Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1915834050_0031126242_0028098802_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93303_1915834050_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi green action pada Front Office Department di Andaz Bali dan mengetahui implementasi green action untuk mendukung green hotel pada Front Office Department di Andaz Bali. Metode pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan penyebaran kuesioner. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan total sampel sebanyak 25 (dua puluh lima) responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang disebarkan kepada responden melalui penyebaran link. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yaitu pemaparan data-data secara sistematis yang diperoleh selama penelitian dengan statistika deskriptif rentang skala penilaian berupa rata-rata. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi green action terimplementasi dengan memperoleh nilai total rata-rata pada indikator efisiensi energi dan air 4,52, menggunakan produk-produk ramah lingkungan 4,38, melakukan daur ulang dan pengomposan 4,46, dan mencegah polusi 4,58. Implementasi green action telah dilaksanakan dengan baik yang secara langsung upaya tersebut berkontribusi terhadap upaya hotel untuk mendukung green hotel secara menyeluruh. Terdapat beberapa kegiatan yang belum terimplementasi secara maksimal pada indikator menggunakan produk-produk ramah lingkungan yaitu kurangnya penggunaan kembali kertas bekas yang satu sisinya masih kosong. Hal tersebut masih perlu ditingkatkan implementasinya, sehingga perlu adanya usaha dari Front Office Department dengan memberikan informasi pentingnya pemanfaatan kembali kertas dua sisi pada karyawan Front Office.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Ni Nyoman Trisna Rima Gandi |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 01:22 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 01:22 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/6946 |
Actions (login required)
View Item |