Virelta, Made Abhinaya Satya and Sutama, I Ketut and Putra, Satria Pramanda Putra (2023) Implementasi E-Commerce untuk Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar di Movenpick Resort & Spa Bali Jimbaran. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1915834106_0031126359_0830128906_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93303_1915834106_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengimplementasian E-Commerce di Movenpick Resort & Spa Bali Jimbaran dan mengetahui saluran E-Commerce yang paling berkontribusi untuk meningkatkan tingkat hunian kamar di Movenpick Resort & Spa Bali Jimbaran. Metode pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dengan menggunakan informan sejumlah satu orang. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta dengan analisis deskriptif kuantitatif berupa angka yang diolah dan disajikan dalam bentuk diagram lingkar. Pengumpulan data menggunakan wawancara dengan Director of Revenue di Movenpick Resort & Spa Bali Jimbaran. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pengimplementasian E-Commerce di Movenpick Resort & Spa Bali Jimbaran ini menggunakan saluran Business to Business (B2B) yang bekerjasama dengan wholesaler dan menggunakan saluran Business to Consumer (B2C) yang bekerjasama dengan online travel agent. Hasil tingkat hunian kamar dengan E-Commerce ini dinilai sudah baik dengan memberikan tingkat hunian kamar yang sudah baik. Berdasarkan data tingkat hunian kamar pertahun yang diolah menggunakan Microsoft Excel menunjukan hasil tingkat hunian kamar dari E-Commerce saluran Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C) selama periode tiga tahun terakhir. Saluran E-Commerce Business to Business (B2B) mendapatkan tingkat hunian kamar pada tahun 2020 sebesar 5,3%, pada tahun 2021 sebesar 7,8%, dan pada tahun 2022 sebesar 12,6%. Sedangkan, E-Commerce saluran Business to Consumer (B2C) mendapatkan hasil pada tahun 2020 sebesar 8,2%, pada tahun 2021 sebesar 13,4%, dan pada tahun 2022 sebesar 15,8%. saluran E-Commerce Business to Consumer (B2C) memberikan lebih banyak kontribusi dalam tingkat hunian kamar jika dibandingkan dengan E-Commerce saluran Business to Business (B2B).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Made Abhinaya Satya Virelta |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 03:18 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 03:18 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7105 |
Actions (login required)
View Item |