Cahyana, I Gusti Ngurah Bagus Jiwa and Astuti, Ni Nyoman Sri and Susyarini, Ni Putu Wiwiek Ary (2023) Implementasi Employee Green Behavior pada Front Office Department di Hotel Four Points by Sheraton Bali Kuta. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_9330_1915834116_0808098402_0003098005_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (768kB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_9330_1915834116_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dari Employee Green Behavior pada staff Front Office Department di hotel Four Points by Sheraton Bali Kuta, dan untuk mengetahui indikator Employee Green Behavior mana yang memiliki implementasi paling baik pada staff Front Office Department di hotel Four Points by Sheraton Bali Kuta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui penyebaran kuisioner kepada seluruh staff front office department di hotel Four Points by Sheraton Bali Kuta, observasi, serta wawancara bersama Duty Manager dan Human Resource Department Supervisor. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi employee green behavior pada department front office sudah dimplementasikan secara keseluruhan dengan dengan persentase per-indikator yaitu indikator transforming mendapatkan nilai 88%, indikator conserving mendapatkan nilai 89%, indikator avoiding harm mendapatkan nilai 96%, indikator influencing other mendapatkan nilai 93%, dan indikator taking initiative mendapatkan nilai 89% nilai rata-rata dari keseluruhan indikator memperoleh hasil 91% dalam penerapan employee green behavior pada front office department. Akan tetapi ada beberapa pernyataan pada tiga indikator employee green behavior yang memperoleh nilai persentase dengan klasifikasi tinggi namun jika dibandingkan dengan pernyataan lain yang memiliki nilai persentase lebih tinggi indikator tersebut masih rendah, antara lain yaitu: pada indikator transforming pada pernyataan ke-2 yaitu membeli dan menggunakan peralatan yang ramah lingkungan, contohnya seperti menggunakan tinta ramah lingkungan untuk printer memperoleh nilai persentase 79%, pada indikator conserving pada pernyataan ke-3 yaitu menggunakan recycle paper memperoleh nilai persentase 76%, pada indikator taking initiative khususnya pada pernyataan ke-1 yaitu menolak proyek yang tidak ramah lingkungan memperoleh nilai presentase 85%. Adapun indikator employee green behavior yang memiliki implementasi paling baik pada staff front office department di hotel Four Points by Sheraton Bali Kuta yaitu indikator avoiding harm dengan nilai persentase 96% dan indikator influencing other dengan nilai persentase 93%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | I Gusti Ngurah Bagus Jiwa Cahyana |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 03:24 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 03:24 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7113 |
Actions (login required)
View Item |