Wiradnyana, I Ketut Adi and Astuti, Ni Wayan Wahyu and Pramita, I Gusti Ayu Putri (2023) Peranan Receptionist dalam Memberikan Pelayanan yang Prima di Hotel Arkamara Dijiwa Ubud. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2015823241_NIDN0020078401_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93402_2015823241_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang dari penulisd Tugas Akhir ini adalah seorang Receptionist merupakan salah satu seksi dari Front Office, yang mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam hal melayani segala kebutuhan bagi para tamu selama mereka menginap di hotel tersebut. Mulai dari mereka datang atau check in hingga tamu meninggalkan hotel atau check out. Receptionist juga merupakan first impression dari tamu ketika memasuki hotel, karena pertama kali tamu memasuki suatu hotel mereka akan dilayani oleh seorang Receptionist, untuk itu sudah menjadi kewajiban receptionist memberikan pelayanan yang prima kepada tamu. Tujuan dari tugas akhir ini yaitu untuk mengetahui peranan receptionist mdalam memberikan pelayanan yang prima dan kendala – kendala yang dihadapi receptionist dalam memberikan pelayanan yang prima di hotel arkamara dijiwa ubud. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil dari Tugas Akhir ini yaitu menguraikan tahap persiapan (persiapan diri / grooming, persiapan area kerja & peralatan kerja, dan persiapan pembagian kerja), tahap pelaksanaan (handling check-in, handling complaint, and handling check-out), dan tahap akhir (menyusun night audit report ), serta menjelaskan hambatan dan solusi saat memberikan pelayanan kepada wisatawan. Kesimpulan dari Tugas Akhir ini adalah dalam Peranan Receptionist Dalam Memberikan Pelayanan Yang Prima di Hotel Arkamara Dijiwa Ubud. seorang receptionist wajib memperhatikan 3 tahapan yaitu : Pertama harus memperhatikan persiapan pada diri ( personal grooming), persiapan area kerja sesuai dengan SOP yang berlaku pada hotel, persiapan pembagian kerja (shift), persiapan peralatan yang digunakan oleh receptionist dalam memberikan pelayanan. Tahapan kedua adalah menangani proses check-in, keluhan tamu hingga proses check out. Tahapan ketiga adalah tahapan akhir dimana seorang receptionist menyiapkan laporan yang dikirim kepada atasan. Terdapat beberapa hambatan yang ditemukan dan solusi menyelesaikan hambatan tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | I Ketut Adi Wiradnyana |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 02:00 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 02:00 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7168 |
Actions (login required)
View Item |