Implementasi Green Practice terhadap Kepuasan Tamu di Hotel Aston Inn Mataram

Saptiany, Martha and Septevany, Elvira and Elistyawati, Ida Ayu (2023) Implementasi Green Practice terhadap Kepuasan Tamu di Hotel Aston Inn Mataram. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2215854039_0026098907_0014076704_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (476kB)
[img] Text (Full text)
RAMA_93303_2215854039_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana pengaruh green practice terhadap kepuasan tamu di Hotel Aston Inn Mataram. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang tamu yang pernah menginap di Hotel Aston Inn Mataram dengan menggunakan metode accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Sebelum melakukan analisis, dilakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap kuesioner yang disebarkan kepada responden. Berdasarkan hasil kuesioner yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa variabel bebas secara parsial memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan tamu di Hotel Aston Inn Mataram. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata rata 3,85 yang termasuk dalam katagori terimplementasi sebanyak 13, sangat terimplementasi sebanyak 5 dan cukup terimplementasi sebanyak 2. Berdasarkan hasil uji t secara simultan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan tamu di Hotel Aston Inn Mataram. Hal ini dibuktikan dengan t-hitung > t-tabel yaitu sebesar 11,836 > 1,66088. Maka, berpengaruh terhadap kepuasan tamu. Dengan adanya pengaruh positif green practice terhadap kepuasan tamu, maka pihak Hotel Aston Inn Mataram harus mengimplementasikan penerapan green practice demi meningkatkan kepuasan tamu. Hal ini karena hotel yang memperhatikan lingkungan dapat menjadi nilai tambahan bagi para tamu yang hendak menginap. Mereka beranggapan bahwa pihak hotel peduli terhadap lingkungan, sehingga akan menciptakan reputasi positif dibenak konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Martha Saptiany
Date Deposited: 31 Aug 2023 08:08
Last Modified: 31 Aug 2023 08:08
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7587

Actions (login required)

View Item View Item