Implementasi Green Office pada Front Office Department dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Karyawan di Legian Beach Hotel Bali

Rusmana, Arroci and Sutarma, I Gusti Putu and Murni, Ni Gst Nym Suci (2023) Implementasi Green Office pada Front Office Department dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Karyawan di Legian Beach Hotel Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1915834145_0031126457_0025056408_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (794kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1915834145_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Di era global saat ini telah banyak terjadi kerusakan lingkungan akibat perilaku manusian maupun teknologi. Pemanasan global energi bahan bakar yang semakin terbatas, lahan hijau sebagai paru paru dunia yang sdemakin sedikit karena eksploitasi manusia. Untuk itu, perlu adanya upaya penyehatan lingkungan demi kehidupan generasi selanjutnya salah satunya dengan penerapan green office. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan Green Office dalam meningkatkan efektivitas kinerja karyawan di Legian Beach Hotel dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Milles Huberman. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Informan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan Manager Front Office serta beberapa Staff Front Office. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Legian Beach Hotel telah menerapkan prinsip Green Office yaitu memenuhi kelima aspek yang harus ditetapkan, yaitu Aspek Penghematan Listrik, Aspek Penghematan dan Konservasi Air, Aspek Penghijauan, Aspek Pengelolaan Limbah Kantor, Aspek Upaya Lainnya. Selanjutnya dengan penerapan green office tersebut maka mampu meningkatkan efektivitas kinerja karyawan, hal ini dibuktikan dengan pemenuhan aspek efektivitas kinerja pada Legian Beach Hotel yang diantaranya adalah Aspek Kualitas (Quality), Aspek Kuantitas (Quantity), Aspek Ketepatan Waktu , Aspek Kehadiran , Aspek Kemampuan Bekerja Sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen Industri
Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Arroci Rusmana
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:37
Last Modified: 05 Sep 2023 02:37
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8156

Actions (login required)

View Item View Item