Analisis Minat Nasabah Dalam Penggunaan Mobile Banking Dengan Pendekatan Model TAM Pada Bank BRI Kantor Cabang Renon

Kresna, I Gusti Ayu Apriliana Wulandari and Gede, I Gusti Ketut and Sarjana, I Made (2023) Analisis Minat Nasabah Dalam Penggunaan Mobile Banking Dengan Pendekatan Model TAM Pada Bank BRI Kantor Cabang Renon. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_1915744111_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover- Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_1915744111_8126111_31126084_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan berbagai perubahan dalam aspek-aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah perkembangan sektor perbankan yang semakin pesat. Mobile banking BRI adalah salah satu aplikasi yang diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan transaksi keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat nasabah BRI dalam menggunakan aplikasi mobile banking ditinjau dari Theory of Acceptance Model. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah nasabah di Bank BRI Kantor Cabang Renon yang sudah menggunakan mobile banking BRIMo pada bulan Desember tahun 2022 sebanyak 42.995. Sampel ditentukan dengan rumus Slovin dan ukuran sampel adalah 100 orang sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Kuesioner diukur dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa trust, perceived of risk, perceived usefulness dan perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan secara simultan dan parsial terhadap intention to use mobile banking pada Bank BRI Kantor Cabang Renon. Upaya-upaya yang dilakukan Bank BRI Kantor Cabang Renon untuk meningkatkan intention to use mobile banking pada nasabah adalah menjaga hubungan baik dengan nasabah, memberikan support kepada nasabah, memberikan pengetahuan mengenai kelebihan fitur-fitur yang ada pada mobile banking serta pemberian informasi ini secara konsisten kepada nasabah melalui berbagai media seperti video maupun berita digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: I Gusti Ayu Apriliana Wulandari Kresna
Date Deposited: 09 Sep 2023 05:45
Last Modified: 09 Sep 2023 05:45
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8217

Actions (login required)

View Item View Item