Implementasi Tri Hita Karana pada Front Office Department di Hotel Infinity8 Bali

Parwati, Ni Kadek Jumiati and Darlina, Lien and Sutama, I Ketut (2022) Implementasi Tri Hita Karana pada Front Office Department di Hotel Infinity8 Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1815834050_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1815834050_0008126605_0031126359_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (701kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus mengenai implementasi Tri Hita Karana pada Departemen Front Office di Hotel Infinity8 Bali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Tri Hita Kara yang diterapkan pada Departemen Front Office, dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh manajemen Front Office agar implementasi Tri Hita Karana tetap dilaksanakan dengan konsisten yang dianalisis berdasarkan 3 variabel yaitu Parhyangan, Pawongan, dan Palemahan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, Focus Group Discussion, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Tri Hita Karana pada Departemen Front Office sudah sangat sesuai diimplementasikan secara keseluruhan dengan total 100% untuk Parhyangan, 93% untuk Pawongan, dan 96% untuk Palemahan. Akan tetapi ada beberapa indikator penilaian dari Tri Hita Karana yang belum terpenuhi, yakni: kegiatan untuk memberdayakan seniman dan program khusus penyelamatan dan pelestarian lingkungan. Adapun upaya yang dapat dilakukan agar implementasi Tri Hita Karana tetap dilaksanakan dengan konsisten yaitu Parhyangan dengan memberikan kesempatan untuk karyawan beribadah dan menerapkan nilai keagamaan dengan saling menghormati. Pawongan dengan memberikan hak dan kewajiban kepada karyawan, masyarakat sekitar, dan tamu hotel. Palemahan dengan membangun hubungan yang harmonis dengan bidang lingkungan, memanfaatkan sumber energi dengan efisien, dan meminimalisasi penggunaan bahan yang berbahaya bagi lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Agama dan Filsafat
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Ni Kadek Jumiati Parwati
Date Deposited: 16 Sep 2022 01:56
Last Modified: 16 Sep 2022 01:56
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/867

Actions (login required)

View Item View Item