Analisis Faktor-Faktor Financial Distress pada Perusahaan Konstruksi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Selama Pandemi Covid-19

Ryana, Kadek Dwi Handry and Dewi, Ni Wayan Kurnia and Sumartana, I Made (2022) Analisis Faktor-Faktor Financial Distress pada Perusahaan Konstruksi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1815644133_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Refrensi)
RAMA_62301_1815644133_0025098208_0009016205_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (560kB)

Abstract

Perekonomian bertumbuh melalui konstribusi salah satu sektor yaitu sektor konstruksi. Adanya Pandemi Covid-19 meyebabkan sebagian besar bisnis mengalami tekanan. Menurut Badan Pusat Statistik kinerja perusahaan konstruksi dan bangunan pada tahun 2020 mengalami penurunan sebesar -3,26%, dengan adanya penyebaran Covid-19 beberapa program pembangunan infrasturktur dihentikan sementara. Terimbasnya sektor konstruksi menarik untuk dibahas mengingat sektor ini termasuk program memperkuat infrastruktur yang merupakan bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024. Dalam hal ini perusahaan yang tidak mampu menjaga stabilitas kinerja keuangan sehingga menimbulkan kerugian pada periode yang bersangkutan akan mengalami financial distress. Untuk memprediksi financial distress pada suatu perusahaan dapat menggunakan metode analisis rasio keuangan serta metode Altman Z-Score. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh secara parsial dan simultan return on equity, current ratio, debt to equity ratio, dan debt to asset ratio terhadap financial distress selama terjadi pandemi Covid-19. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder yang didapatkan dari Bursa Efek Indonesia berupa laporan keuangan tahunan untuk menghitung rasio keuangan serta Alman Z-Score. Populasi dalam penelitian ini, yaitu perusahaan sub sektor konstruksi dan bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan secara statistik return on equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial distress. Current ratio secara statistik berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial distress. Debt to equity ratio secara statistik berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap financial distress. Debt to asset ratio secara statistik berpengaruh negatif dan signifikan terhadap financial distress. Serta pengaruh secara simultan return on equity, current ratio, debt to equity ratio, dan debt to asset ratio secara statistik berpengaruh signifikan terhadap financial distress.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Kadek Dwi Handry Ryana
Date Deposited: 16 Sep 2022 18:09
Last Modified: 16 Sep 2022 18:10
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/919

Actions (login required)

View Item View Item