Analisis Strategi Pemasaran Pada Aplikasi Mobile Banking Di PT. BPRS Fajar Sejahtera Bali

Romadloni, Titania Ayu and Wirga, I Wayan and Riyasa, Ida Ayu Putri Widiasuari (2023) Analisis Strategi Pemasaran Pada Aplikasi Mobile Banking Di PT. BPRS Fajar Sejahtera Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_1915744071_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Cover – Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_1915744071_0026076108_0004119601.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

BPRS Fajar Sejahtera Bali merupakan salah satu lembaga perbankan syariah yang memiliki aplikasi mobile banking. Aplikasi tersebut sebagai bentuk layanan BPRS guna mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun. Meskipun aplikasi mobile banking sangat bermanfaat bagi nasabah, namun masih ada yang belum memakai aplikasi tersebut. Masalah inilah yang menjadi tantangan besar bagi BPRS Fajar Sejahtera Bali untuk memasarkan layanan aplikasi mobile banking lebih baik lagi. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tentang strategi pemasaran aplikasi mobile banking di BPRS Fajar Sejahtera Bali. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi pemasaran yang baik dilakukan oleh pihak bank BPRS Fajar Sejahtera Bali pada aplikasi mobile banking? Bagaimana solusi dan kendala dalam proses pemsaran pada aplikasi mobile banking oleh pihak bank BPRS Fajar Sejahtera Bali ? Didalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian (field research), teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya, analisis data menggunakan metode deduktif yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut. Data yang menjadi sumber adalah data-data dari pihak BPRS Fajar Sejahtera Bali mengenai strategi pemasaran aplikasi mobile banking. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh BPRS Fajar Sejahtera Bali pada aplikasi mobile banking adalah (1) Segmentasi pasar berdasarkan segmentasi geografis, segmentasi demografis, segmentasi psikografis dan segmentasi perilaku. (2) Penetapan target pasar ialah semua nasabah yang memiliki tabungan. (3) Penetapan posisi pasar yaitu dengan mengembangkan fitur-fitur pada aplikasi mobile banking. (4) Penerapan bauran pemasaran adalah harga yang terjangkau sesuai dengan pasar pada umumnya dan tempat aplikasi mobile banking dapat diakses dimanapun dan kapanpun serta instagram, event-event tertentu, dan pemberitahuan langsung face to face antara customer service dan funding officer kepada nasabah. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Mobile banking, analisis SWOT, BPRS Fajar Sejahtera Bali

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Titania Ayu Romadloni
Date Deposited: 10 Sep 2023 12:09
Last Modified: 10 Sep 2023 12:09
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/9423

Actions (login required)

View Item View Item