Analisis Penerapan Green Marketing di Aruna Senggigi Resort & Convention

Gunawan, Firsta Wity Peafut and Sari, I Gusti Agung Mas Krisna Komala and Darlina, Lien (2022) Analisis Penerapan Green Marketing di Aruna Senggigi Resort & Convention. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1815834159_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1815834159_0028098802_0008126605_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (353kB)

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan green marketing di Aruna Senggigi Resort & Convention. Dengan adanya isu-isu mengenai pemanasan global, dan kerusakan lingkungan perusahaan-perusahaan yang inovatif menjadikan green marketing sebagai cara untuk menarik minat konsumen dan publik sebagai strategi pemasaran. Adapaun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan green marketing dan untuk mengetahui kendala-kendala dan usaha dalam penerapana green marketing di Aruna Senggigi Resort & Convention. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini diperoleh dengan cara observasi dan wawancara, wawancara dilakukan kepada narasumber yang dianggap paham dan mengetahui lebih detail mengenai permasalahan dari penelitian yang dilakukan, yaitu bagaimana penerapan green marketing dan apa kendala-kedala dalam penerapan green marketing di Aruna Senggigi Resort & Convention, sehingga dapat mengumpulkan informasi untuk dilakukan proses reduksi data kemudian verifikasi data untuk dapat menarik kesimpulan mengenai permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 4 (empat) indikator (green poduct, green price, green place, green promotion) dan total 11 (sebelas) subindikator green marketing 79,2% sudah diterapkan oleh Aruna Senggigi Resort & Convention. Indikator yang belum diterapkan dengan optimal yaitu green price dengan total 50% dan green promotion baru diterapkan 66,7%. Subindikator yang belum diterapkan dengan baik oleh Aruna Senggigi Resort & Convention yaitu harga sebuah green product lebih mahal dibanding produk konvensional dan untuk subindikator green promotion yang belum diterapkan dengan optimal yaitu promosi dengan mengangkat isu lingkungan. Adapun kendala dalam penerapan green marketing di Aruna Senggigi Resort & Convention yaitu segmen pasar terbatas, harga yang relatifvtinggi, dan ada beberapa keluhan konsumen mengenai refill air.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Firsta Wity Peafut Gunawan
Date Deposited: 16 Sep 2022 03:01
Last Modified: 16 Sep 2022 03:01
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/948

Actions (login required)

View Item View Item