Pengaruh Literasi Keuangan, Efikasi Keuangan, dan Social Media Influencer terhadap Minat Investasi Pasar Modal Gen Z di Politeknik Negeri Bali

Putra, Putu Angga Pradnyana and Ariana, I Made and Suarta, I Made (2023) Pengaruh Literasi Keuangan, Efikasi Keuangan, dan Social Media Influencer terhadap Minat Investasi Pasar Modal Gen Z di Politeknik Negeri Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1915644134_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1915644134_0013046807_0025026306_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Fenomena dan urgensi pada penelitian ini adalah meningkatnya investor gen z tahun 2021-2022 tetapi tidak diiringi dengan literasi keuangan dan efikasi keuangan yang baik sehingga menyebabkan gen z cenderung berperilaku konsumtif. Penelitian ini penting untuk segera dilakukan agar gen z dapat meningkatkan literasi keuangan dan efikasi keuangannya sehingga dapat mencapai keberhasilan dalam mengelola keuangan serta tidak terlarut dalam prilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan mengenai literasi keuangan, efikasi keuangan dan social media influencer terhadap minat investasi gen z di Politeknik Negeri Bali. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner kepada 100 orang mahasiswa Politeknik Negeri Bali dengan teknik purposive sampling. Pengujian hipotesis terhadap variabel penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan IBM SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat investasi gen z 2) efikasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat investasi gen z 3) social media influencer berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat investasi gen z 4) literasi keuangan, efikasi keuangan dan social media influencer berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap minat investasi gen z

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Putu Angga Pradnyana Putra
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:49
Last Modified: 11 Sep 2023 03:49
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/9702

Actions (login required)

View Item View Item