Penanganan Sequence of Service oleh Bar Waiter di R Bar Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa

Sitanggang, Verawati and Oka, I Made Darma and Murni, Ni Gst Nym Suci (2023) Penanganan Sequence of Service oleh Bar Waiter di R Bar Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_0020106508_0025056408_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_2015823137_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini yaitu untuk menguraikan prosedur penanganan squence of service oleh bar waiter di R Bar Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa serta Untuk menjelaskan kendala-kendala yang dialami oleh bar waiter dalam melayani tamu di R Bar Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa. Dalam penanganan sequence of service oleh bar waiter di R Bar Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa meliputi 3 tahapan, yaitu yang pertama tahap persiapan yang terdiri dari melakukan absensi 30 menit sebelum bekerja, personal grooming dan persiapan area kerja. Kemudian di tahap kedua yaitu tahap pelaksanaan, yang terdiri dari menyambut tamu, menanyakan reservasi, mengantarkan tamu ke tempat duduk, mempersilahkan tamu untuk duduk, memberikan daftar menu ke tamu, mencatat pesanan tamu, mengkonfirmasi pesanan, membuat pesanan di Microsoft opera, menyediakan cutleries di meja tamu, menyajikan minuman, mengambil makanan dari kitchen, menyajikan makanan tamu, menanyakan tentang makanan, membersihkan meja tamu, membersihkan sisa makanan yang ada di meja, menawarkan makanan penutup, memberikan bill tamu, dan yang terakhir adalah memberikan ucapan terimakasih. Tahap yang terakhir yaitu meliputi melakukan clear up, melakukan polishing, dan melakukan inventory. Dalam menangani sequence of service oleh waiter di R Bar Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa, terdapat kendala yang dihadapi yaitu jaringan mesin EDC yang eror. Untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menyediakan layanan internet yang kuat dan stabil. Kendala kedua yaitu keterlambatan dalam menyajikan pesanan. Untuk mengatasi hal tersebut dengan cara menambah karyawan ataupun daily worker baik di kitchen, bar maupun waiter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: Verawati Sitanggang
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:14
Last Modified: 13 Sep 2023 02:14
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/9768

Actions (login required)

View Item View Item