Pelayanan Waiter/Waitress Menggunakan Barcode Menu di Beach Bar Alila Seminyak Hotel

Warjita, I Wayan and Dewi, Ni Wayan Sintya and Pamularsih, Tyas Raharjeng (2023) Pelayanan Waiter/Waitress Menggunakan Barcode Menu di Beach Bar Alila Seminyak Hotel. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2015823194_0002049602_0013019007_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_2015823194_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan uraian bab sebelumnya, pelayanan menggunakan barcode menu pada Beach Bar Alila Seminyak Hotel memiliki beberapa tahapan. Tersedianya fasilitas layanan barcode menu di Alila Seminyak Hotel bertujuan untuk mempermudah wisatawan mendapatkan fasilitas dan layanan hotel secara digital dengan memberikan pelayanan pemesanan menu menggunakan pelayanan barcode menu yang akan dibantu oleh waiter/ waitres secara efektif dan efisien. Adapun 3 tahapan pelayanan yang menggunakan pelayanan barcode menu di Beach Bar Alila Seminyak sebagai berikut: 1. Pelayanan waiter/waitress di Beach Bar Alila Seminyak Hotel. a. Tahap persiapan. Sebelum memulai pekerjaan seorang waiter/waitress melakukan persiapan diri (appereance) serta sikap tingkah laku (attitude) saat bekerja. Selain itu waiter/s juga melakukan persiapan operasional sebelum bekerja. b. Tahap pelayanan. Pada tahap ini waiter/s melakukan pelayanan terhadap tamu yang dilakukan dari tamu datang sampai tamu meninggalkan restoran. Mulai dari greeting the guest, asking the reservation, escorting and seating the guest, presenting menu, taking order, repeating order, adjusting cutleries, serving beverage, serving food, asking the taste of food, clearing up, crumbing down, presenting the bill, guest farewell. c. Tahap penutup, pada tahap ini waiter/waitress akan melakukan resetting table, polishing, dan inventory. Setelah pelayanan barcode menu selesai dilakukan, waiter/waitress akan menata ulang posisi meja tamu dan melakukan clear up jika masih ada sisa makanan atau minuman di atas meja tersebut, hal ini dilakukan agar memudahkan waiter/waitress pada saat opening beach bar dan melakukan inventory. 2. Hambatan dan cara menangani Pelayanan waiter/waitress di Beach Bar Alila Seminyak Hotel a. Gangguan pada internet. Cara mengatasi nya dengan cara menyediakan akses Wi-fi yang lebih kuat dan luas di seluruh area hotel untuk memfasilitasi akses internet bagi tamu sehingga tamu bisa memesan makanan dan minuman lewat barcode yang sudah di set up di atas table. Hotel juga dapat memasang perangkat penguat sinyal di area Beach Bar untuk meningkatkan kualitas sinyal seluler tamu yang berada di Alila Seminyak. b.Terjadinya system eror pada web menu saat operasional sedang berlangsung. Cara mengatasi nya dengan cara memberikan menu pengganti berupa kertas yang sudah waiter/waitress siapkan, jika tamu yang datang ke beach bar tidak bisa untuk masuk ke halaman web menu melalui scan barcode.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: I Wayan Warjita
Date Deposited: 11 Sep 2023 12:56
Last Modified: 11 Sep 2023 12:56
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/9805

Actions (login required)

View Item View Item