Dewi, Kadek Isa Engelita and Bagiastuti, Ni Ketut and Astuti, Ni Nyoman Sri (2022) Implementasi Eco-Friendly Behavior Karyawan Front Office Menuju Green Hotel di The Ritz-Carlton, Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover – Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1815834131_0004037205_0808098402_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (433kB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93303_1815834131_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Eco-friendly behavior dan pengaruh implementasinya oleh karyawan front office untuk mendukung Green hotel di The Ritz-Carlton, Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi lapangan, penyebaran kuisioner dengan sample jenuh kepada 40 orang karyawan di department front office sebagai responden dan wawancara dengan Assistance Front office Manager The RitzCarlton, Bali. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik deskriptif dan regresi linier sederhana untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini dengan bantuan aplikasi SPSS Statistic 26 for Windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa implementasi Eco-friendly behavior oleh karyawan front office secara keseluruhan sudah berada dalam kriteria yang sangat tinggi. hanya ada 2 implementasi yang berada pada kriteria tinggi dan masih belum sangat maksimal yaitu mengutamakan menggunakan tangga dibanding lift dan membuang sampah sesuai jenisnya. Implementasi Eco-friendly behavior memiliki hubungan yang kuat secara positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap konsep Green hotel. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa apabila implementasi Eco-friendly behavior meningkat, maka Green hotel juga akan meningkat. Pengaruh implementasi Eco-friendly behavior oleh karyawan front office berkontribusi sebesar 37,3% untuk mendukung green hotel di The RitzCarlton, Bali, sedangkan sisanya 62,7% dipengaruhi oleh faktor lain dalam aspek implementasi green hotel yang tidak disertai dalam penelitian ini dan beberapa faktor berpengaruh lainnya yang terdapat pada sumber penelitian lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Kadek Isa Engelita Dewi |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 03:12 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 03:12 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1004 |
Actions (login required)
View Item |