Evaluasi Kepuasan Kerja Karyawan Lembongan Island Beach Villa (LIBV) sebagai dasar Acuan The Lembongan Traveller (TLT) sebagai Manajemen Baru

Lestari, Ni Putu Sri and Sanjaya, Ida Bagus and Santra, I Ketut (2022) Evaluasi Kepuasan Kerja Karyawan Lembongan Island Beach Villa (LIBV) sebagai dasar Acuan The Lembongan Traveller (TLT) sebagai Manajemen Baru. Repositori Politeknik Negeri Bali.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744001_pernyataan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (597kB)
[img] Text (Artikel)
RAMA_93308_1815744001_artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (389kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh The Lembongan Traveller (TLT) yang menjadi manajemen baru pada Lembongan Island Beach Villa (LIBV) dan dari hasil pengamatan peneliti terdapat hal – hal yang membuat karyawan LIBV merasakan ketidakpuasan kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil evaluasi dari kepuasan kerja karyawan LIBV sebelum dikelola oleh TLT serta upaya yang bisa dilakukan oleh TLT untuk menciptakan kepuasan kerja pada LIBV. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tiga cara yakni data reduction, data display dan conclusion drawing/ verification. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, studi pusataka dan observasi. Pengumpulan data dengan cara wawancara (In-Depth Interview) ini dengan melibatkan enam informan berdasarkan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan enam indikator kepuasan kerja karyawan sesuai teori Wexley dan Yukl dengan hasil bahwa karyawan merasa kurang puas terhadap keenam indikator yakni kompensasi, supervisi, pekerjaan itu sendiri, rekan kerja, keamanan kerja dan promosi jabatan. Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk menciptakan kepuasan kerja yakni dengan meninjau beban kerja tiap karyawan untuk penyesuaian gaji, transparansi kalkulasi bonus atau service, meninjau beban kerja untuk merekrut karyawan baru, menjadwalkan rapat mingguan maupun morning meeting, menciptakan komunikasi yang lebih baik, posisi karyawan yang sesuai dengan keahlian, membuat kontrak kerja untuk karyawan dan juga melengkapi kekurangan alat-alat pendukung pekerjaan serta menbuat sistem penilaian kinerja sebagai pendukung program promosi jabatan. Kata Kunci : Evaluasi, Kepuasan Kerja Karyawan, Indikator Kepuasan Kerja

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Ni Putu Sri Lestari
Date Deposited: 29 Sep 2022 00:20
Last Modified: 29 Sep 2022 00:20
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1012

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item