Implementasi Green Practice pada Front Office Department dalam Mendukung Kepedulian Terhadap Lingkungan di Ossotel Legian Bali

Arini, Luh Putu and Aryana, I Nyoman Rajin and Sari, I Gusti Agung Mas Krisna Komala (2023) Implementasi Green Practice pada Front Office Department dalam Mendukung Kepedulian Terhadap Lingkungan di Ossotel Legian Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2215854017_0004077508_0028098802_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_2215854017_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Green practice adalah tindakan untuk melindungi lingkungan dan produk yang dihasilkan minim pada kerusakan lingkungan. Ossotel Legian Bali turut menerapkan konsep green practice dalam meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Front Office Departement harus memastikan pelanggan senang dan berencana untuk tinggal lagi dengan penerapan green practice. Karena front office department dikenal sebagai the first impression and last impression of the guest yang artinya kesan pertama tamu terhadap kualitas pelayanan hotel dimulai saat tamu melakukan registrasi untuk check in. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator dari green practice yang sudah diterapkan pada front office department di Ossotel Legian Bali. Berlandaskan teori Green Practice dalam Perhotelan, Front Office Department dan Kepedulian terhadap lingkungan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuisoner, wawancara dokumentasi dan tinjauan literature. Menggunakan teknik analisis data metode deskriptif kualitatif dengan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik sampling yang digunakan menggunakan teknik sampling jenuh yaitu seluruh staff pada front office department di Ossotel Legian Bali dijadikan responden untuk mengisi kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah satu indikator penerapan green practice pada front office department di Ossotel Legian Bali dengan nilai rata-rata nilai pada setiap indikator antara lain : Green Action sebesar 4,78 yang artinya sudah sangat diterapkan, Green Food sebesar 4,56 yang juga berarti sudah sangat diterapkan sedangkan Green Donation sebesar 3,83 yang berarti cukup diterapkan. Keterkaitan penerapan green practice pada front office department di Ossotel Legian Bali terhadap lingkungan yaitu pada penerapan indikator green action hasil analisis pernyataan kuesioner menunjukan semua indikator pada green action ini lebih mendukung hubungan ke arah reduce, recycle dan reuse.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Luh Putu Arini
Date Deposited: 14 Sep 2023 14:17
Last Modified: 14 Sep 2023 14:17
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10364

Actions (login required)

View Item View Item