Strategi E-Marketing untuk Meningkatkan Room Revenue di Royal Tulip Springhill Resort Jimbaran

Adnyani, Ni Kadek Novi and Winia, I Nyoman and Mataram, I Gusti Agung Bagus (2022) Strategi E-Marketing untuk Meningkatkan Room Revenue di Royal Tulip Springhill Resort Jimbaran. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1815834114_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1815834114_0011066212_0002076007_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, serta untuk mengetahui strategi e-marketing yang dapat diterapkan untuk meningkatkan room revenue di Royal Tulip Springhill Resort dengan menggunakan analisis SWOT, analisis IFAS EFAS dan matriks IE. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, kepustakaan, dokumentasi, dan kuesioner. Metode analisis data adalah deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, matriks IFAS EFAS, matriks IE dan analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, dan threat). Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden terdiri dari 8 orang yang berasal dari departemen Sales and Marketing. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa, posisi Royal Tulip Springhill Resort berada di posisi sel V (lima) yaitu pada strategi konsentrasi melalui integrasi horizontal atau stabilitas (tidak ada perubahan laba). Artinya, perusahaan ini berada dalam moderate attractive industry, strategi yang digunakan adalah yang tujuannya relative lebih defensive, yaitu menghindari kehilangan penjualan dan kehilangan profit. Berdasarkan analisis SWOT yang digunakan, didapatkan alternatif strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan room revenue adalah mencari pasar baru, memperluas pangsa pasar dan mitra kerja melalui e-marketing yang sudah diterapkan dengan memberikan konten setiap hari untuk media sosial yang dimiliki oleh hotel serta dengan online travel agent, memanfaatkan hari Raya Bali dan objek wisata untuk media promosi online. Saran yang diberikan kepada manajemen Royal Tulip Springhill Resort adalah dengan menerapkan 11 strategi dari hasil analisis melalui e-marketing, seperti webside, media sosial dan online travel agent untuk meningkatkan room revenue hotel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Ni Kadek Novi Adnyani
Date Deposited: 16 Sep 2022 04:13
Last Modified: 16 Sep 2022 04:13
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1143

Actions (login required)

View Item View Item