Dewi, Putu Yuni Trisna (2024) Analisis Kinerja Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Tanjung Bungkak dengan Pendekatan Balance Scorecard. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_62301_2015644039_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (iThenticate)
RAMA_62301_2015644039_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (677kB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5, dan Referensi)
RAMA_62301_2015644039_0028126106_0025026306_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (556kB) |
Abstract
Lembaga Perkreditan Desa (LPD) mempunyai peranan penting dalam menunjang perekonomian masyarakat desa. Pengukuran kinerja perusahaan perlu dilakukan sebagai bahan evaluasi perusahaan terhadap kegiatan operasionalnya. Balanced scorecard merupakan salah satu alat ukur kinerja perusahaan dari aspek keuangan dan non keuangan melalui empat perspektif meliputi perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang dilakukan di LPD Desa Adat Tanjung Bungkak yang berlokasi di Denpasar dengan tujuan untuk mengetahui kinerja LPD Desa Adat Tanjung Bungkak dilihat dari keempat perspektif dalam balanced scorecard. Jumlah pelanggan yang menjadi sampel adalah 45 orang, dipilih menggunakan teknik sampling insidental, sedangkan jumlah karyawan yang menjadi sampel adalah 19 orang, dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi, observasi, wawancara, dan survei. Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja LPD Desa Adat Tanjung Bungkak, jika dilihat dari perspektif keuangan adalah kurang baik dengan perhitungan Cash Ratio (CR) yang dikategorikan cukup baik, Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Debt to Equity Ratio (DER) dikategorikan baik, namun pada perhitungan Beban Operasional tehadap Pendapatan Operasional (BOPO), Non Performing Loan (NPL), Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE) dikategorikan kurang baik. Pada perspektif pelanggan kinerja LPD dinilai baik dari hasil perhitungan retensi pelanggan dan kepuasan pelanggan yang dikategorikan baik dan menunjukkan persentase pernyataan positif pada kepuasan pelanggan mencapai 93%. Dari perspektif proses bisnis internal kinerja LPD berada pada kriteria yang cukup baik dari hasil perhitungan proses inovasi dan proses operasi menggunakan Service Cycle Effectiveness. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan kinerja LPD yang baik dari perhitungan retensi karyawan, produktivitas karyawan dan kepuasan karyawan dengan persentase pernyataan positif pada kepuasan karyawan mencapai 83%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja, Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi |
Depositing User: | Putu Yuni Trisna Dewi |
Date Deposited: | 31 Aug 2024 23:05 |
Last Modified: | 31 Aug 2024 23:05 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/12107 |
Actions (login required)
View Item |