Rekonstruksi Model Slippery Slope Framework Menuju Herding Trend Compliance

Wulandari, Ni Putu Mia (2024) Rekonstruksi Model Slippery Slope Framework Menuju Herding Trend Compliance. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62401_2015654009_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62401_2015654009_0014091103_0011097901_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (IThenticade)
RAMA_62401_2015654009_IThenticade.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kepatuhan pajak jangka panjang pada tataran sukarela menjadi mimpi besar yang digagas bersama. Perjalanan panjang menggapai kepatuhan pajak melalui sistem pemungutan pajak Self-Assessment System belum semulus yang dibayangkan. Wajib pajak memanfaatkan celah kebijakan dengan mematuhi kewajiban sebatas penghasilan yang dipotong dan/atau dipungut pihak ketiga, akibat dari representasi sosial dan faktor wajib pajak sejawat. Fenomena kepatuhan pajak menghantarkan penelitian ini untuk mempersembahkan model kepatuhan pajak pada tataran ikut-ikutan yang peneliti maknai sebagai “Herding Trend Compliance”. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian kualitatif dengan pendekatan interpretif dan naturalistik yang melibatkan wajib pajak UMKM sektor restoran Kabupaten Badung dan practitioners. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam tidak terstruktur, namun tetap berpegangan pada pedoman garis besar wawancara. Data yang telah dikumpulkan dari proses wawancara mendalam didukung dengan data dokumentasi dan observasi. Sebagai upaya meningkatkan kualitas data, data yang dikumpulkan ditingkatkan kredibilitasnya dengan teknik triangulasi data. Menghindari bias terhadap data yang akan diuji, maka dilakukan uji transferabilitas pada manuskrip hasil wawancara. Data hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi yang kredibel dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif data Miles dan Huberman dengan paradigma interpretif. Hasil penelitian menghantarkan pada keputusan perilaku untuk patuh maupun tidak patuh diwarnai oleh perilaku ikut-ikutan atau herding yang tercermin dari representasi sosial otoritas pajak dan pemenuhan kewajiban wajib pajak sejawat. Secara teoritis perilaku wajib pajak diterjemahkan dalam Fiscal Psychology Model yang merepresentasikan rendahnya minat wajib pajak untuk patuh. Keputusan patuh ataupun tidak patuh tergambar melalui pertimbangan keputusan dalam Theory of Planned Behavior. Melalui rekonstruksi model Slippery Slope Framework mampu menggambarkan kondisi kepatuhan pada tataran herding. Penelitian ini memiliki kebaruan dari substansi objek dalam mengembangkan model Slippery Slope Framework. Kebaruan yang menggiring pada kontribusi secara teoritis dalam mempersembahkan model extended Slippery Slope Framework dan pada tataran praktis menjadi alternatif penyusunan kebijakan untuk meningkatkan kepatuhan pajak jangka panjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Herding Trend Compliance, Rekonstruksi Kepatuhan Pajak, Slippery Slope Framework, Wajib Pajak UMKM
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Perpajakan
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Perpajakan > Skripsi
Depositing User: Ni Putu Mia Wulandari
Date Deposited: 01 Sep 2024 05:52
Last Modified: 01 Sep 2024 05:52
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/12357

Actions (login required)

View Item View Item