Pengaruh Sikap, Motif, Tingkat Kepentingan, dan Harapan Masyarakat di Kota Denpasar terhadap Rencana Kebijakan Ekstensifikasi Cukai pada Minuman Berpemanis

Dewi, Saabina Putri (2024) Pengaruh Sikap, Motif, Tingkat Kepentingan, dan Harapan Masyarakat di Kota Denpasar terhadap Rencana Kebijakan Ekstensifikasi Cukai pada Minuman Berpemanis. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62303_2015654045_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5, dan Referensi)
RAMA_62303_2015654045_4107107601_0024027908_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (944kB)
[img] Text (iThenticate)
RAMA_62303_2015654045_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (742kB) | Request a copy

Abstract

Rencana pengenaan cukai pada minuman berpemanis didorong oleh dampak negatif konsumsi gula berlebih, yang berkontribusi pada masalah kesehatan seperti obesitas dan diabetes. Negara-negara ASEAN lainnya telah mengenakan cukai pada berbagai produk termasuk minuman berpemanis, menunjukkan potensi yang belum dimanfaatkan sepenuhnya oleh Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi persepsi masyarakat terhadap rencana kebijakan ekstensifikasi cukai pada minuman berpemanis dengan fokus pada variabel sikap, motif, tingkat kepentingan, dan harapan. Penelitian ini menganalisis data primer dari kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden di Kota Denpasar. Pengujian variabel penelitian menggunakan teknik uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan bantuan program komputer IBM SPSS Statistic 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sikap positif individu memiliki pengaruh signifikan terhadap dukungan rencana kebijakan ekstensifikasi cukai pada minuman berpemanis, sedangkan motif negatif individu dapat menghambat dukungan tersebut. Meskipun tingkat kepentingan individu menunjukkan pengaruh positif, pengaruhnya tidak cukup kuat untuk menjadi faktor penentu utama dalam mendukung kebijakan ini. Harapan individu tentang manfaat dan efektivitas kebijakan memiliki pengaruh positif dan signifikan, yang berarti bahwa persepsi positif tentang hasil kebijakan mendorong dukungan masyarakat. Berdasarkan Theory of Planned Behaviour, sikap, motif, tingkat kepentingan, dan harapan secara langsung mempengaruhi niat dan perilaku individu dalam mendukung kebijakan ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat, Kebijakan Ekstensifikasi Cukai, Minuman Berpemanis
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Perpajakan
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Perpajakan > Skripsi
Depositing User: Saabina Putri Dewi
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:48
Last Modified: 05 Sep 2024 02:48
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/12438

Actions (login required)

View Item View Item