Yasa Diputra, I Ketut (2024) Implementasi Green Practices dalam Mendukung Kualitas Layanan oleh Front Office Department di Hotel Solia Legian - bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2315854053_0014076704_0015096308_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (769kB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93303_2315854053_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (iThenticate)
RAMA_93303_2315854053_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian skipsi ini bertujuan untuk mengevaluasi Implementasi green practices (green action, green food dan green donation) dalam mendukung kualitas layanan pada front office department di hotel Solia Legian - Bali. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan terdiri dari lima staf front office yang berperan penting dalam implementasi green action, green food dan green donation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efesiensi energi, penggunaan produk lokal dan pengurangan penggunaa kertas, mendapatkan persetujuan tinggi dari staf, dengan tingkat persetujuan berkisar antara 80% hingga 100%, dan dinilai sangat maksimal. Namun implementasi green donation dalam penerapan di lapangan hanya mendapat persetujuan sebesar 60% dan dinilai belum maksimal. Secara keseluruhan, rata-rata persentase implementasi green practice mencapai 83%, yang menunjukkan bahwa implementasi ini umumnya dinilai sangat maksimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Hotel Solia Legian - Bali telah cukup berhasil dalam menerapkan konsep Green Practice, meskipun masih ada penerapan yang perlu ditingkatkan, terutama dalam green donation. Rekomendasi yang diberikan mencakup peningkatan kolaborasi dengan pihak pemerintah untuk ikut serta dalam mengedukasi masyarakat. Dengan strategi ini, hotel diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional serta memberikan kontribusi positif yang lebih besar terhadap pelestarian lingkungan dan keterlibatan komunitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | green practices, kualitas layanan, front office department |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | I Ketut Yasa Diputra |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 07:57 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 07:57 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/12732 |
Actions (login required)
View Item |