Evaluasi Pelayanan Registrasi Kepada Visitor dalam Meningkatkan Kunjungan Kapal Cruise pada Pelabuhan Indonesia Sub Regional Bali Nusra Cabang Benoa

Dewi, Ni Luh Cynthia Ristara (2024) Evaluasi Pelayanan Registrasi Kepada Visitor dalam Meningkatkan Kunjungan Kapal Cruise pada Pelabuhan Indonesia Sub Regional Bali Nusra Cabang Benoa. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (iThenticate)
RAMA_93308_2015744115_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2015744115_0017106504_0031126376_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_2015744115_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pelabuhan Benoa merupakan salah satu pintu gerbang penting bagi kunjungan kapal pesiar di Bali. Pelayanan yang diberikan kepada pengunjung (visitor) memiliki peran krusial dalam mempengaruhi potensi peningkatan jumlah kunjungan kapal pesiar (cruise ship) di masa mendatang, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelayanan registrasi kepada pengunjung (visitor) dalam meningkatkan kunjungan kapal pesiar (cruise ship) di Pelabuhan Benoa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang menggali secara mendalam mengenai efisiensi pelayanan registrasi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pengunjung kapal pesiar, serta observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kunjungan kapal cruise mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun 2020 hingga 2023, dan pelayanan registrasi di Pelabuhan Benoa dinilai cukup baik dalam aspek kenyamanan pelayanan, seperti fasilitas, keramahan petugas, dan penyediaan informasi. Namun, beberapa aspek masih perlu ditingkatkan, antara lain kemampuan bahasa asing petugas, jumlah petugas registrasi, manajemen antrian, serta belum adanya standar operasional prosedur (SOP) yang jelas untuk pelayanan registrasi. Berdasarkan hasil evaluasi, dirancang rekomendasi perbaikan berupa feedback form untuk pengunjung. Form ini dirancang untuk memungkinkan para pengunjung memberikan masukan komprehensif mengenai pengalaman mereka selama proses registrasi, termasuk pujian, saran perbaikan, dan keluhan. Rekomendasi ini bertujuan untuk menciptakan saluran komunikasi yang efektif antara pengguna jasa dan pihak pengelola pelabuhan, yang selanjutnya dapat digunakan untuk perbaikan berkelanjutan dalam pelayanan registrasi di Pelabuhan Benoa. Melalui upaya perbaikan ini, diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan jumlah kunjungan Kapal Pesiar (Cruise Ship) di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengunjung (visitor), kapal pesiar (cruise ship), evaluasi pelayanan registrasi
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Ni Luh Cynthia Ristara Dewi
Date Deposited: 04 Sep 2024 18:07
Last Modified: 04 Sep 2024 18:07
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/13012

Actions (login required)

View Item View Item