Wardani, Ni Made Putri and Swabawa, Anak Agung Putu and Somawati, Ni Putu (2022) Penanganan Kedatangan Penumpang dari Jakarta menuju Denpasar oleh Staf unit layanan JOUMPA pada PT. Gapura Angkasa Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_93401_1915813006_Full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93401_1915813006_0003036310_0027056304_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (427kB) |
Abstract
Bali merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan domestik dan mancanegara dimana aktivitas pergerakan wisatawan tidak akan jauh kaitannya dengan jasa layanan transportasi.Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki jasa layanan transportasi andalan yaitu transportasi udara dimana bandara memiliki jam terbang yang tinggi dan banyak digunakan oleh wisatawan unuk bepergian. Bandara merupakan lapangan terbang dimana pesawat lepas landas dan mendarat. Bandara Ngurah Rai Bali merupakan salah satu pintu masuk utama lalu lintas pariwisata terbesar di indonesia karena bali memiliki destinasi wisata favorit bagi wisatawan. Di dalam bandara terdapat unit ground handling yang akan membantu penumpang pada saat di bandara. Dan terdapat unit vip service joumpa yang membantu penumpang mulai dari keberangkatan sampai kedatangan di bandara yang berada di bawah naungan PT. Gapura Angkasa.Salah satu layanan joumpa yaitu penanganan kedatangan penumpang dari jakarta menuju denpasar yg mayoritas penumpang nya adalah vvip seperti artis, pejabat dan tokoh penting lainnya yang harus kita berilan pelayanan maksimal pada saat penjemputan hingga penumpang tersebut di dalam transportasi. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini yaitu untuk mengetahui penanganan kedatangan penumpang dari jakarta menuju denpasar oleh staf unit layanan joumpa pada PT. Gapura Angkasa bandar internasioanal i gusti ngurah rai bali.Metode yang digunakan adalah metode observasi.Kesimpulan tugas akhir ini adalah penanganan kedatangan penumpang dari jakarta menuju denpasar terdiri dari tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan penyelesaian. Kendala yang dihadapi dalam penanganan kedatangan penumpang dari jakarta menuju denpasar ini adalah kekurangan staf, kekurangan paging board dan delay pesawat. Untuk mengatasi hal tersebut adalah pada saat kekurangan staf akan digantikan dengan staf bantek, untuk kekurangan paging board diganti dengan menggunakan map hijau gapura yg diberikan oleh manager operasional dan untuk delay pesawat selalu berkomunikasi dengan pihak maskapai yg terlambat dan selalu cek flight radar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ni Made Putri Wardani |
Date Deposited: | 17 Sep 2022 10:33 |
Last Modified: | 18 Sep 2022 13:52 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1303 |
Actions (login required)
View Item |