Pengaruh Kesadaran Pajak, Kualitas Pelayanan Otoritas Pajak, dan Digitalisasi Administrasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Pajak (Studi Kasus pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di KPP Pratama Denpasar Barat)

Widiantari, Desak Putu (2024) Pengaruh Kesadaran Pajak, Kualitas Pelayanan Otoritas Pajak, dan Digitalisasi Administrasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Pajak (Studi Kasus pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di KPP Pratama Denpasar Barat). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62303_2015654005_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62303_2015654005_0805118501_0026106307_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (iThenticate)
RAMA_62303_2015654005_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Reformasi pajak di Indonesia yang ditandai dengan sistem pemungutan self assesment system membutuhkan kerja sama yang baik antara otoritas pajak dan wajib pajak. Dalam pelaksanaannya, Direktorat Jenderal Pajak menjalankan berbagai kebijakan yang optimal guna meningkatkan kepatuhan pajak. Optimalisasi kebijakan ini tercermin dari adanya kualitas pelayanan oleh otoritas pajak dan fasilitas sistem administrasi secara digital. Selain kebijakan yang optimal, dibutuhkan kesadaran pajak dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak, mengingat bahwa kepatuhan pajak merupakan tolok ukur dari keberhasilan kebijakan yang diterapkan. Fokus utama dalam penelitian adalah untuk menguji pengaruh dari kesadaran pajak, kualitas pelayanan otoritas pajak, dan digitalisasi administrasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Penelitian ini menganalisis data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner kepada 100 wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Denpasar Barat. Sampel dipilih menggunakan metode non-probabilitas, yaitu convenience sampling. Pengujian variabel menggunakan Metode Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi SmartPLS versi 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kesadaran pajak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan pajak, 2) kualitas pelayanan otoritas pajak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan pajak, dan 3) digitalisasi administrasi perpajakan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan pajak. Penelitian ini memberikan sumbangsih pemikiran praktis bagi Direktorat Jenderal Pajak dengan menyediakan gagasan yang dapat digunakan dalam merumuskan sinergi kebijakan untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak serta mengoptimalkan penerimaan pajak negara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan otoritas pajak dan digitalisasi administrasi perpajakan, kepatuhan pajak
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Perpajakan
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Perpajakan > Skripsi
Depositing User: Desak Putu Widiantari
Date Deposited: 11 Sep 2024 05:27
Last Modified: 11 Sep 2024 05:27
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/14101

Actions (login required)

View Item View Item