Pengaruh Persepsi Tarif Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Pemahaman Peraturan Perpajakan, dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM yang Terdafatar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama

Fristy, I Gusti Ayu Made Intania and Abdi, I Nyoman and Suardani, Anak Agung Putri (2022) Pengaruh Persepsi Tarif Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Pemahaman Peraturan Perpajakan, dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM yang Terdafatar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1815644077_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1815644077_0021126503_0026106307_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (462kB)

Abstract

Pada kenyataannya pertumbuhan penerimaan pajak di Indonesia belum mencapai hasil yang maksimal. Dimana hal tersebut dapat dibuktikan dengan rendahnya tax ratio Indonesia saat ini dan menjadi tax ratio terendah sejak tahun 2012. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah melakukan salah satu upaya yaitu dengan menambah jumlah wajib pajak dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Dimana sekarang ini Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mendominasi kegiatan perekonomian dan memiliki potensi yang besar dalam hal pemasukan pajak. Namun, kepatuhan wajib pajak UMKM khususnya UMKM yang terdaftar di KPP Pratama Tabanan masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh persepsi tarif pajak, sosialisasi perpajakan, pemahaman peraturan perpajakan, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM yang terdaftar di KPP Pratama Tabanan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori atribusi dan theory of planned behavior. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif dan menggunakan data primer dari kuesioner yang telah disebarkan. Sebanyak 100 wajib pajak UMKM yang terdaftar di KPP Pratama Tabanan dipilih menjadi responden dengan menggunakan rumus slovin dan simple random sampling. Pengujian kualitas data yang dilakukan melalui uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan tahapan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik desktiptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis dengan aplikasi IBM SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi tarif pajak, sosialisasi perpajakan, pemahaman peraturan perpajakan, dan sanksi perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM yang terdaftar di KPP Pratama Tabanan baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi referensi tambahan mengenai penelitian yang berhubungan dengan kepatuhan wajib pajak dan sebagai sumbangan pemikiran mengenai faktor-faktor yang mampu memengaruhi kepatuhan wajib pajak UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Perpajakan
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: I Gusti Ayu Made Intania Fristy
Date Deposited: 19 Sep 2022 01:24
Last Modified: 19 Sep 2022 01:24
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1411

Actions (login required)

View Item View Item