Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard pada PT Smart Advisory Solutions

Wandini, Ni Komang Ari Prema and Ariana, I Made and Handayani, Luh Nyoman Chandra (2022) Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard pada PT Smart Advisory Solutions. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1815644146_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (959kB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1815644146_0013046807_0020017105_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (920kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor penting bagi perusahaan dalam mengevaluasi hasil-hasil kegiatan yang telah dilaksanakan oleh perusahaan. Umumnya perusahaan dalam melakukan pengukuran kinerja menggunakan pendekatan tradisional yang hanya mengukur dari sisi keuangan. Namun untuk mencapai kinerja perusahaan yang bagus, perusahaan hendaknya melakukan pengukuran kinerja perusahaan pada aspek keuangan dan juga pada aspek non keuangan, salah satunya dapat menggunakan pendekatan balanced scorecard (BSC) yang mengukur dari empat perspektif yakni keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran. Pada PT Smart Advisory Solutions yang melakukan pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan pendekatan tradisional atau hanya mengukur dari segi keuangan perusahaan, serta pada laporan laba rugi perusahaan mengalami kerugian di tahun 2020 dan 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut keadaan PT Smart Advisory Solutions yang diukur dengan menggunakan pendekatan balanced scorecard dengan tujuan untuk menganalisis kondisi kinerja PT Smart Advisory Solutions dari empat perspektif balanced scorecard. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif tanpa menggunakan hipotesis. Penelitian dilakukan pada tanggal 1 Februari 2022 sampai dengan 31 Mei 2022 di PT Smart Advisory Solutions. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah para pelanggan aktif dan karyawan aktif PT Smart Advisory solutions. Variabel pada penelitian ini sama dengan perspektif yang terdapat pada balanced scorecard yakni keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran. Pada saat pengumpulan data yang terdapat di perusahaan, teknik dan instrument yang dilakukan yakni wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknis analisis data pada penelitian ini ialah dengan menggunakan rasio perhitungan dan uji statistik dengan menggankan alat bantu SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perspektif keuangan kurang baik, perspektif pelanggan baik, perspektif proses bisnis internal baik, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan baik. Dari hasil penelitian tersebut, implikasi dari adanya penelitian ini yaitu dapat membantu memperbaiki kinerja kinerja perusahaan secara menyeluruh dari sisi keuangan dan non keuangan. Kata Kunci: kinerja, pengukuran kinerja, balanced scorecard

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Ni Komang Ari Prema Wandini
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:11
Last Modified: 21 Sep 2022 02:11
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1480

Actions (login required)

View Item View Item