Hidayati, Nurul and Kanah, Kanah and Astawa, I Ketut (2022) Implementasi E-Commerce dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Kamar pada The Seminyak Beach Resort & Spa. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_93303_1815834051_Full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Cover – Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1815834051_0012047004_0021076107_Part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (518kB) |
Abstract
Dalam era serba digital ini, The Seminyak Beach Resort & Spa memanfaatkan teknologi internet dalam upaya meningkatkan penjualan kamar. The Seminyak Beach Resort & Spa menjadi salah satu hotel yang mendukung adanya green tourism karena dengan diimplementasikannya E-Commerce, membuat berkurangnya penggunaan kertas untuk keperluan data diri tamu dan juga keperluan pembayaran. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengimplementasi E-Commerce dalam upaya meningkatkan tingkat hunian kamar di The Seminyak Beach Resort & Spa, dan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskripstif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Dengan menerapkan model E-Commerce Business to Business (B2B) dengan bekerjasama dengan wholesaler dan juga Business to Consumer (B2C) yang bekerjasama dengan beberapa Online Travel Agent, The Seminyak Beach Resort & Spa terbantu dalam upaya meningkatkan penjualan kamar, karena E-Commerce dapat menjangkau konsumen lebih luas lagi melalui perantara teknologi internet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model E-Commerce Business to Business (B2B) yang lebih efektif karena B2B menunjukkan peningkatan di masa pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir ini. Untuk meningkatkan kontribusi model pemasaran B2C, pihak hotel diharapkan lebih banyak mengikuti campaign-campaign yang dilakukan oleh pihak-pihak Online Travel Agent atau dengan membuat promosi sendiri guna meningkatkan visibility hotel dikalangan masyarakat luas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Nurul Hidayati |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 01:19 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 01:19 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1521 |
Actions (login required)
View Item |