Putra, Gede Windu Pratama and Putrana, I Wayan and Yudistira, Cokorda Gede Putra (2022) Prosedur Penanganan Pasang Baru Listrik Pada PT PLN (Persero) ULP Sanur. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_63411_1915713142_Full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Reverensi)
RAMA_63411_1915713142_0002125703_ 0027086808_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Kebutuhan listrik akan terus meningkat seiring dengan adanya perkembangan dari sektor rumah tangga maupun sektor industri. Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan listrik yang begitu pesat membuat PT PLN (Persero) ULP Sanur meningkatkan pelayanan menjadi lebih efektif dan efisien melalui online. Masih banyak pelanggan yang masih belum mengetahui dengan jelas prosedur dan fitur-fitur di dalam aplikasi PLN Mobile, maka diperlukan prosedur penanganan pemasangan yang jelas antara fungsi-fungsi yang terkait di dalamnya agar dapat diawasi dalam pelaksanaannya, sehingga tidak terjadi penyelewengan atau penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur penanganan pasang baru listrik di PT PLN (Persero) ULP Sanur serta untuk mengetahui hambatan apa saja yang dihadapi dalam prosedur penanganan pasang baru listrik di PT PLN (Persero) ULP Sanur. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara itu, metode analisis data yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dengan menguraikan dan menjelaskan data dan keterangan-keterangan yang didapat selama melakukan penelitian sehingga dapat menarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan prosedur penanganan pasang baru listrik PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Sanur yang dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile ini diawali dengan pelanggan mengajukan permohonan melalui aplikasi PLN Mobile, kemudian Staff Pelayanan Pelanggan akan memeriksa permohonan dan pembayaran, melakukan cek Sertifikat Laik Operasi dan menerbitkan Surat Ijin Penyambungan, mencetak Perintah Kerja, Berita Acara, Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik, survey, melakukan penyambungan, menerima hasil pekerjaan kembali sampai akhirnya mengarsipkan data. Adapun hambatan dalam pelayanan kepada pelanggan terjadi karena kurangnya pemahaman masyarakat tentang pelayanan pasang baru listrik, sosialisasi kepada masyarakat terutama di desa-desa terpencil. Ketiadaan Alat Pengukur dan Permbatas sangat menghambat kelancaran untuk pemasangan karena harus menunggu beberapa hari kedepan sampai APP tersedia. Kata kunci: Penanganan, Pasang Baru Listrik, PLN Mobile.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir |
Depositing User: | Gede Windu Pratama Putra |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 01:15 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 01:15 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1548 |
Actions (login required)
View Item |