Penanganan Check In Penumpang Domestik Sriwijaya Air oleh Staff PT Jasa Angkasa Semesta dengan Protokol Covid 19 di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Tarawihdi, Saumantari Gian and Sarja, Ni Luh Ayu Kartika Yuniastari and Erawati, Ni Made Rai (2022) Penanganan Check In Penumpang Domestik Sriwijaya Air oleh Staff PT Jasa Angkasa Semesta dengan Protokol Covid 19 di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93401_1915813023_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan Reverensi)
RAMA_93401_0823068601_0031126010_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (435kB)

Abstract

Ground handling merupakan suatu proses penanganan atau memberikan pelayanan kepada penumpang baik itu berupa penganganan bagasi, kargo dan lain-lain. Masing-masing perusahaan akan membuat perjanjian kepada pihak maskapai. Salah satu perusahaan ground handling di Bandara I Gusti Ngurah Rai adalah PT. Jasa Angkasa Semesta (JAS) yang memiliki Kerjasama dengan beberapa maskapai, dan salah satunya adalah Sriwijaya Air. Kerjasama antara PT. JAS dengan Sriwijaya Air meliputi check in penumpang dan bagasi, services, boarding dan penanganan lost and found. Dalam hal ini semua staff di PT. JAS memiliki job desk dan tanggung jawab masing-masing. Dalam proses check in penumpang Sriwijaya Air terdapat proses dimana penumpang harus check in 3 jam sebelum jadwal keberangkatan pesawat. Saat proses check in penumpang yang memiliki bagasi wajib menginformasikan kepada staff agar bagasi tersebut dapat di timbang dan dilakukan check in bagasi. Karena apabila penumpang melakukan check in bagasi saat sudah selesai proses check indan sudah mendapat boarding pass maka bagasi penumpang tersebut tidak dapat melakukan check in dan tidak dapat diangkut ke dalam pesawat. Dan dalam proses check in bagasi ada beberapa peraturan seperti tidak membawa benda cair, tidak ada barang berharga di dalam bagasi dan berat bagasi tidak lebih dari 20kg. Selama pandemi berlangsung ada beberapa peraturan yang di terapkan untuk penerbangan dengan Sriwijaya Air, yakni penumpang harus membawa hasil Antigen atau PCR yang sudah di validasi serta menunjukan sertifikat vaksinasi. Beberapa penumpang banyak yang belum mengetahui informasi tersebut sehingga penulis dan staff dari Sriwijaya Air harus menginformasikan terlebih dahulu sebelum penumpang menuju ke counter check in agar mempermudah staff untuk proses check in.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata > Tugas Akhir
Depositing User: Saumantari Gian Tarawihdi
Date Deposited: 19 Sep 2022 06:10
Last Modified: 19 Sep 2022 06:53
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1625

Actions (login required)

View Item View Item