Analisis Metode Matriks Boston Consulting Group (Bcg) dan Product Life Cycle (Plc) sebagai Dasar Menentukan Strategi Pemasaran Product Retail dan Industrial Catering Pada Pt Aerofood Indonesia Unit Denpasar

Devi, Putu Terani Virana and Sanjaya, Ida Bagus and Dewi, Nyoman Indah Kusuma (2022) Analisis Metode Matriks Boston Consulting Group (Bcg) dan Product Life Cycle (Plc) sebagai Dasar Menentukan Strategi Pemasaran Product Retail dan Industrial Catering Pada Pt Aerofood Indonesia Unit Denpasar. Repositori Politeknik Negeri Bali. (Unpublished)

[img] Text (Artikel)
RAMA_93308_1815744103_artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (533kB)
[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744103_pernyataan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (86kB)
Official URL: http://repository.pnb.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan produk-produk retail dan industrial catering yang dimiliki PT Aerofood Indonesia Unit Denpasar dalam kuadran Matriks BCG (Boston Consulting Group) serta tahapan Matriks PLC (Product Life Cycle) berdasarkan analisis Matriks BCG yang selanjutnya ditentukan strategi pemasaran yang tepat berdasarkan kedua analisis tersebut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis metode matriks BCG dan PLC yang dianalisis juga dengan data penjualan unit produk serta umur produk, perusahaan dapat menentukan posisi produk yang dimilikinya berada pada kuadran dan tahapan mana produk tersebut berada. Berdasarkan hasil analisis metode matriks BCG yang dihubungkan dengan matriks PLC didapatkan hasil bahwa produk perusahaan yang berada pada kuadran question marks atau tahapan introduction ada sembilan macam produk, produk perusahaan yang berada pada kuadran stars atau tahapan growth ada lima macam produk, produk perusahaan yang berada pada kuadran cash cow atau tahapan maturity ada sepuluh macam produk,serta produk perusahaan yang berada pada kuadran dogs atau tahapan decline ada sepuluh macam produk. Dengan demikian berdasarkan posisi produk-produk di setiap kuadran BCG dan tahapan PLC perusahaan dapat merumuskan strategi pemasaran yang tepat dan sesuai untuk diterapkan sehingga dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan produk. Kata Kunci : Produk, Boston Consulting Group (BCG), Product Life Cycle (PLC), Strategi Pemasaran.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Putu Terani Virana Devi
Date Deposited: 28 Sep 2022 12:16
Last Modified: 28 Sep 2022 12:16
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1680

Actions (login required)

View Item View Item