Astari, Ni Putu Sri and Adnyana, Ida Bagus Artha and Gede, I Gusti Ketut (2022) Pengembangan Strategi Komunikasi Pemasaran Bali.Qu di Marketplace Shopee Melalui Metode SOAR. Repositori Politeknik Negeri Bali.
Text (Artikel)
RAMA_93308_1815744019_artikel.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (783kB) |
|
Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744019_pernyataan.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (278kB) |
Abstract
Abstrak. Shopee merupakan salah satu marketplace hybrid B2C dan C2C yang paling populer digunakan saat ini. Selain dampak negatif, ternyata pandemic Covid-19 juga membawa dampak yang baik khususnya bagi peningkatan eksistensi marketplace. Peluang inilah yang menjadi awal mula terbentuknya Bali.Qu. Saat ini, Bali.Qu telah menyandang predikat star+ dan memiliki lebih dari 100 produk. Namun, diperlukan adanya inovasi dan kreativitas dalam strategi pemasaran yang digunakan dengan melihat hal-hal positif yang ada seperti faktor kekuatan, aspirasi, peluang dan hasil yang ingin dicapai kedepannya. Tujuan dilakukannya penelitian yaitu guna mengembangkan strategi pemasaran Bali.Qu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Adapun metode yang digunakan adalah analisis SOAR dan matriks QSPM. Penggunaan analisis SOAR didasarkan pada keinginan untuk menggali dan mengem-bangkan hal-hal positif pada perusahaan untuk kemudian dikombinasi untuk menemukan alternatif strategi yang tepat dan ditentukannya strategi prioritas melalui matriks QSPM. Dengan analisis SOAR dihasilkan 12 alternatif strategi. Pada tahap akhir yaitu dengan menggunakan matriks QSPM ditentukan 3 strategi prioritas yaitu mengembangkan strategi komunikasi pemasaran melalui influencer un-tuk memperluas pasar, mengembangkan strategi komunikasi pemasaran menggunakan teknik copywriting yang tepat dan membangun sistem komunitas reseller. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Bisnis Online, Shopee, Analisis SOAR, Matriks QSPM Abstact. Shopee is one of the most popular B2C and C2C hybrid marketplaces used today. In addition to the negative impact, it turns out that the Covid-19 pandemic has also had a good impact, especially for increasing the existence of the marketplace. This opportunity is the beginning of the formation of Bali.Qu. Currently, Bali.Qu has been awarded a star+ title and has more than 100 products. However, innova-tion and creativity are needed in the marketing strategy used by looking at the positive things that exist such as strengths, aspirations, opportunities and results to be achieved in the future. The purpose of this research is to develop a marketing strategy for Bali.Qu. The ana-lytical technique used in this research is a qualitative descriptive analysis technique. The method used is SOAR analysis and QSPM matrix. The use of SOAR analysis is based on the desire to explore and develop positive things in the company and then combine them to find the right alternative strategy and determine priority strategies through the QSPM matrix. With SOAR analysis produced 12 alternative strate-gies. In the final stage, using the QSPM matrix, 3 priority strategies were determined, namely developing a marketing communication strategy through influencers to expand the market, developing a marketing communication strategy using appropriate copywriting tech-niques and building a re-seller community system. Keywords: Marketing Strategy, Online Business, Shopee, SOAR Analysis, QSPM Matrix
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Ni Putu Sri Astari |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 03:41 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 03:43 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1704 |
Actions (login required)
View Item |