Evaluasi Kinerja Perusahaan dengan Balanced Scorecard pada PT Astra internasional Tbk–Toyota Sales Operation (Auto2000) Tabanan

Asriningrum, Ni Nyoman Mita and Sugiarta, I Nyoman and Jeni, Susanti (2022) Evaluasi Kinerja Perusahaan dengan Balanced Scorecard pada PT Astra internasional Tbk–Toyota Sales Operation (Auto2000) Tabanan. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1815644069_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1815644069_0031126009 _0031017204_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (320kB)

Abstract

Pada Auto2000 Tabanan pengukuran kinerja belum menggunakan metode balanced scorecard. Pengukuran kinerja yang ada saat ini antara perspektif keuangan dan non-keuangannya yang meliputi perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan & pembelajaran belum terintegrasi. Diantara keempat perspektif yang ada, kinerja keempatnya masih berdiri sendiri dan belum diintegrasikan menjadi satu kesatuan sehingga belum mampu untuk mengevaluasi kinerja yang ada dalam perusahaan dengan orientasi jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja berdasarkan empat perspektif balanced scorecard yang ada pada Auto2000 Tabanan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, dokumentasi dan, kuisioner yang bertujuan untuk mencari data berupa data keuangan, leadtime service, dan net promoter score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan pada perspektif keuangan, perspektif proses bisnis internal dan persepektif pertumbuhan & pembelajaran perlu untuk dirumuskan kembali karena berdasarkan pengukuran kinerja pada perspektif tersebut hasilnya masih kurang baik. Sedangkan pada perspektif pelanggan hasil pengukuran kinerjannya sudah sangat baik sehingga strategi yang telah dijalankan saat ini dapat dipertahankan dan dimaksimalkan kembali di masa mendatang. Kata Kunci: Pengukuran kinerja, Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pertumbuhan & Pemebelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Ni Nyoman Mita Asriningrum
Date Deposited: 24 Sep 2022 05:10
Last Modified: 24 Sep 2022 05:10
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2108

Actions (login required)

View Item View Item