Strategi Pemasaran UMKM Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Di Masa Pandemi (Studi Kasus Pada Toko SWCITRA)

Widani, Ni Made Widani and Santra, I Ketut and Adiningrat, Gede Pradiva (2022) Strategi Pemasaran UMKM Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Di Masa Pandemi (Studi Kasus Pada Toko SWCITRA). Repositori Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Artikel)
RAMA_93308_1815744075_ARTIKEL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (571kB)
[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744075_PERNYATAAN.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (436kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Toko SWCITRA, sebuah UMKM yang menjual dan memasarkan product kesehatan dan kecantikan. Fenomena yang terjadi adalah berimbasnya pendapatan penjualan yang menurun drastis akibat pandemi covid-19. Toko SWCITRA telah melakukan upaya-upaya bagi perkembangan bisnisnya untuk mampu bertahan di masa pandemi. Faktor internal dan eksternal sangat mempengaruhi masalah ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis faktor internal dan eksternal perusahaan menggunakan SWOT analisis sehingga timbul strategi baru untuk kemajuan bisnis Toko SWCITRA itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Fokus dalam penelitian ini adalah IFAS, EFAS, Diagram SWOT, Matriks IE, Matriks SWOT. Berdasarkan analisis internal dan eksternal beserta diagram SWOT dapat diperoleh bahwa Toko SWCITRA berada pada kuadran 1, dimana kekuatan internal perusahaan dan peluang lingkungan yang besar, maka strategi yang sesuai untuk digunakan adalah strategi agresif atau strategi SO untuk memaksimalkan kekuatan internal dan eksternal perusahaan. Matriks IE dari UMKM Toko SWCITRA terletak ke dalam kotak 5, berada pada posisi Growth (Tumbuh). Strategi umum yang dipakai pada posisi tersebut adalah Growth and Stability (Tumbuh dan Stabil) didesain untuk mencapai pertumbuhan, baik dalam penjualan, aset, profit, maupun kombinasi dari ketiganya. Hal ini dapat dicapai dengan cara memaksimalkan persaingan harga, mengembangkan produk baru, menambah kualitas produk atau jasa, atau meningkatkan akses ke pasar yang lebih luas.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Ni Made Widani Arthasari
Date Deposited: 23 Sep 2022 10:30
Last Modified: 29 Sep 2022 03:07
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2295

Actions (login required)

View Item View Item