Prosedur Pelayanan Penumpang Kapal Cruise Internasional pada PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Bali Nusa Tenggara Regional 3

Sari, Ni Made Bakti Purnama and Sukartini, Ni Wayan and Suamba, Ida Bagus Putu (2022) Prosedur Pelayanan Penumpang Kapal Cruise Internasional pada PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Bali Nusa Tenggara Regional 3. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (FULL TEXT)
RAMA_63411_1915713056_FULL.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_1915713056_0022046210_0031126361_PART.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (503kB)

Abstract

Pada tahun 2020-2021 Pelabuhan Benoa kehilangan 50-70% rencana kunjungan kapal cruise karena adanya pandemic covid-19 yang melarang adanya kunjungan luar negeri di Indonesia. Kini di tahun 2022 memasuki era new normal PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Bali Nusa Tenggara Regional 3 optimis akan kedatangan 19 kapal cruise dari mancanegara ke Bali tentunya melakukan persiapan dari segi fasilitas dan tenaga kerja untuk memberikan penyambutan serta pelayanan prima untuk wisatawan. Permasalahan dari penelitian ini yaitu dalam pelayanan di lapangan apakah sudah sesuai dengan sistem prosedur yang ditetapkan baik dari jasa pelayanan penumpang, dan pelayanan terminal karena adanya penambahan aturan protocol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah serta kurangnya fasilitas pendukung pelayanan penumpang yang mengakibatkan terlambatnya pelayanan bagi penumpang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui prosedur pelayanan penumpang kapal cruise di PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Bali Nusa Tenggara Regional 3, dan mengetahui apa saja hambatan-hambatan dalam penerapan prosedur pada kapal cruise. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif memaparkan hal yang didapatkan pada saat mengadakan penelitian secara sistematis dan secara langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Sedangkan informan yang dijadikan penelitian adalah manager terminal Pelabuhan Benoa , staff marketing and sales officer, dan staff terminal Pelabuhan Benoa. Hasil penelitian ini adalah prosedur pelayanan penumpang kapal cruise internasional dimulai dari tahap pelayanan booking kapal cruise, persiapan pelayanan penumpang kapal cruise, pelaksanaan pelayanan penumpang kapal cruise, dan terlayaninya penumpang kapal cruise. Dalam pelaksanaan pelayana kapal cruise masih terdapat beberapa hambatan, hambatan tersebut yaitu terbatasnya tempat tambat, waktu booking yang lama, kurangnya fasilitas untuk kegiatan bongkar muat dan tidak ada ruangan server khusus untuk CCTV. Kata kunci: Kapal cruise, terminal penumpang, Pelabuhan Benoa, pelayanan penumpang, fasilitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen Transportasi
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Made Bakti Purnama Sari
Date Deposited: 23 Sep 2022 08:10
Last Modified: 22 May 2023 10:29
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2372

Actions (login required)

View Item View Item