Strategi Humas Dalam Meningkatkan Citra Instansi Pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean Ngurah Rai

Nandini, Kadek Puja Gauri and Sanjaya, I Gusti Ngurah and Sukayasa, I Nyoman (2022) Strategi Humas Dalam Meningkatkan Citra Instansi Pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean Ngurah Rai. Repositori Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Artikel)
RAMA_93308_1815744102_artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (794kB)
[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744102_pernyataan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (277kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Humas yang dapat diterapkan dalam meningkatkan citra instansi pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean Ngurah Rai. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dengan Matriks IFAS (Internal Factor Analysis Summary), Matriks EFAS (External Factor Analysis Summary), dan Matriks IE (Internal External). Hasil analisis Matriks IFAS menunjukkan bahwa faktor internal Humas Bea Cukai Ngurah Rai memperoleh total skor 3.48. Ini menunjukkan posisi internal Humas Bea Cukai Ngurah Rai kuat dalam memaksimalkan kekuatan dan meminimalkan kelemahan. Kemudian hasil analisis Matriks EFAS menunjukkan faktor eksternal Humas Bea Cukai Ngurah Rai memperoleh total skor 3.10. Ini menunjukkan bahwa kondisi eksternal Humas Bea Cukai Ngurah Rai dapat dikendalikan dengan baik. Hasil pemetaan Matriks IE memperlihatkan Humas Bea Cukai Ngurah Rai berada pada sel 1 yakni berada pada posisi tinggi. Dengan posisi yang berada pada sel 1, Humas Bea Cukai Ngurah Rai menerapkan Growth Strategy yakni dengan menerapkan strategi penetrasi konsumen atau pengguna jasa, pengembangan program atau kegiatan kehumasan, dan pengembangan konsumen atau pengguna jasa untuk meningkatkan citra instansi. Kata Kunci: Strategi Humas atau Public Relations, Citra Instansi, Analisis SWOT

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Kadek Puja Gauri Nandini
Date Deposited: 29 Sep 2022 04:27
Last Modified: 29 Sep 2022 04:27
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2434

Actions (login required)

View Item View Item