Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

Kansil, Milannisti Rama Dhani and Sanjaya, I Nyoman Suka and Lasmini, Ni Ketut (2022) Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Repositori Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Artikel)
RAMA_93308_2115764009_artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (267kB)
[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_2115764009_pernyataan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (362kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Kemajuan teknologi akan semakin mempermudah kehidupan manusia dalam melakukan berbagai macam aktivitas, salah satunya adalah di industri perbankan. Kemajuan teknologi pada industri perbankan dimulai saat industri ini mulai memasuki era digitalisasi yaitu dengan menggunakan layanan Mobile banking. Mobile banking merupakan salah satu alternatif yang disediakan oleh bank dalam melayani kebutuhan nasabah. Layanan mobile banking dapat diakses kapan saja dan dimana saja selama 24 jam. Pada masa pandemi Covid-19, diketahui bahwa terjadi peningkatan transaksi mobile banking BNI. Meningkatnya jumlah transaksi mobile banking BNI, tentunya juga harus diimbangi dengan adanya peningkatan kualitas mobile banking BNI agar nasabah merasa puas dengan layanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan mobile banking terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Bali. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner. Sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 100 responden yang menggunakan mobile banking BNI minimal 1 tahun dan menggunakan mobile banking BNI minimal satu kali dalam satu minggu. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa vari- abel kualitas layanan mobile banking memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan signifikasi 0,000 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,592. Variabel kualitas layanan mobile banking berpengaruh secara positif dan siginifikan terhadap kepuasan nasabah dengan perolehan koefisien determinasi sebesar 71,5%, sedangkan sisanya sebesar 28,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata Kunci: kualitas layanan mobile banking, kepuasan nasabah.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Milannisti Rama Dhani Kansil
Date Deposited: 30 Sep 2022 08:13
Last Modified: 30 Sep 2022 08:13
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2729

Actions (login required)

View Item View Item