Penanganan Penjualan Meeting Package pada Era New Normal oleh Sales Team di Prama Sanur Beach Bali

Utami, Putu Sonia Sri and Sudarmini, Ni Made and Kanah, Kanah (2022) Penanganan Penjualan Meeting Package pada Era New Normal oleh Sales Team di Prama Sanur Beach Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
PUTU SONIA SRI UTAMI_93402_1915823098_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
PUTU SONIA SRI UTAMI_93402_1915823098_0026056411_0012047004_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (927kB)

Abstract

Bali merupakan pulau yang sangat ramai dengan bisnis pariwisata sebagai sarana berekreasi bagi penduduknya maupun bagi pelancong. Dengan suasana budaya yang masih kental, masyarakat yang ramah dan nyaman, Bali menjadi pilihan terbaik bagi para klien untuk menyelenggarakan suatu acara. Tidak hanya wedding atau pernikahan, tetapi juga menjadi pilihan terbaik bagi tamu untuk menyelenggarakan event MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition) terutama event meeting atau rapat baik bagi organisasi swasta maupun pemerintah. Prama Sanur Beach Bali juga menjadi pilihan terbaik bagi para tamu yang ingin menyelenggarakan meeting atau rapat. Prama Sanur Beach Bali menjual beberapa package diantaranya meeting package, wedding package, gathering package, dan honeymoon package. Dari semua package yang tersedia di Prama Sanur Beach Bali, meeting package adalah salah satu package yang best seller dari berbagai package yang ditawarkan di Prama Sanur Beach Bali. Package ini dilihat dari segi ekonomis merupakan package yang sangat terjangkau dikalangan masyarakat. Selain itu, ada beberapa repeater guest yang percaya terhadap pelayanan dan fasilitas yang telah diterima, sehingga pada era new normal ini pun Prama Sanur Beach Bali menangani beberapa event meeting atau rapat yang tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai kebijakan pemerintah. Berdasarkan urian latar belakang di atas, maka dapat dikemukakan rumusan permasalahan yang akan dibahas dalam laporan tugas akhir ini, sebagi berikut: a.Bagaimanakah penanganan penjualan meeting package di era new normal di Prama Sanur Beach Bali? b.Apa sajakah kendala yang dihadapi oleh sales team Prama Sanur Beach Bali dalam proses penanganan penjualan meeting package di era new normal dan cara pemecahannya? Berdasarkan rumusan masalah yang telah diuraikan di atas, maka tujuan penulisan tugas akhir ini adalah sebagai berikut: a.Untuk mengetahui penanganan penjualan meeting package di Prama Sanur Beach Bali selama pandemi COVID-19. b.Untuk mengetahui cara sales team Prama Sanur Beach Bali dalam menghadapi kendala dalam proses penjualan meeting package di era new normal. Kesimpulan dari penanganan penjualan meeting package pada era new normal oleh sales team di Prama Sanur Beach Bali sebagai berikut : Dalam penanganan penjualan meeting package ini dibagi menjadi 3 tahap, yaitu: a.Tahap Persiapan Pada tahap persiapan ini terdiri dari beberapa persiapan, yaitu: persiapan diri, persiapan lingkungan kerja, dan persiapan alat. b.Tahap Pelaksanaan Pada tahap ini dibagi menjadi beberapa, yaitu : guest entertainment, showing area, pengiriman proposal, pengiriman agreement, rundown meeting, pembuatan group summary, dan monitoring during event. c.Tahap Akhir Dari tahap persiapan sampai tahap akhir, sales team turut berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik demi kelancaran berjalannya acara rapat atau meeting yang juga turut membantu pemerintah dalam memutuskan rantai penyebaran virus Covid-19 dengan menjaga protokol kesehatan dan mengikuti peraturan Pemerintah Provinsi Bali. Kendala Yang Dihadapi Oleh Sales Team Prama Sanur Beach Bali Dalam Penanganan Penjualan Meeting Package Pada Era New Normal dan Cara Pemecahannya Kendala yang dihadapi oleh sales team dalam penjualan meeting package ada 2 kendala, yaitu: a.Kecemasan client terhadap protokol kesehatan, cara mengatasi adalah dengan cara tetap meyakinkan client bahwa pihak hitel akan selalu menerapkan protokol kesehatan b.Sulit menentukan harga meeting package yang tetap, cara mengatasinya adalah dengan cara tetap memberikan kebijakan harga kepada client dengan tetap memoerhatikan standar hotel. Kata Kunci : Meeting Package, New Normal, MICE, Protokal Kesehatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: Putu Sonia Sri Utami
Date Deposited: 09 Sep 2022 06:58
Last Modified: 09 Sep 2022 06:58
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/283

Actions (login required)

View Item View Item