Analisis Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noemani Coffeeshop Bekasi, Jawa Barat

Sianturi, Fernando and Putrana, I Wayan and Wirga, I Wayan (2022) Analisis Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noemani Coffeeshop Bekasi, Jawa Barat. Repositori Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Artikel)
RAMA_93308_1815744028_artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (256kB)
[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744028_pernyataan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (88kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Noemani Coffeeshop merupakan salah satu kedai kopi yang sudah berdiri sejak 2017. Terletak di Bekasi, Jawa Barat. Banyak yang menyukai produk-produk yang ditawarkan oleh Noemani Coffeeshop, namun ada beberapa atribut pelayanan yang harus diperbaiki dalam waktu yang dekat. Kualitas Layanan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Jika kualitas layanan diberikan dengan baik kepada pelanggan akan mendapatkan kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui atribut apa saja yang perlu diperbaiki oleh Noemani Coffeeshop. Atribut yang diteliti tentunya bagian dari lima dimensi pelayanan yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan perhatian. Jika dimensi-dimensi pelayanan tersebut terpenuhi akan menciptakan kepuasan Metode yang dipakai untuk mengetahui tingkat kinerja dan kepuasan pelanggan yaitu Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Dari hasil analisis IPA terdapat dua atribut yang menjadi prioritas utama yang ada di kuadran I untuk segera diperbaiki oleh Noemani Coffeeshop yaitu kesopanan dan keramahan karyawan, melayani pelanggan tanpa memandang status. Selanjutnya nilai kepuasan yang didapat berdasarkan CSI yaitu 89%.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Bidang Manajemen Yang Belum Tercantum
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Sianturi Fernando
Date Deposited: 29 Sep 2022 09:04
Last Modified: 29 Sep 2022 09:04
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2948

Actions (login required)

View Item View Item