Chatterbot sebagai Media Komunikasi kepada Pelanggan untuk Layanan Pemeliharaan KWh Meter 1 Fasa Prabayar di PT PLN (Persero) ULP Tabanan

Arthadi, Komang Popy and Santiary, Putri Alit Widyastuti and Purnama, Ida Bagus Irawan (2022) Chatterbot sebagai Media Komunikasi kepada Pelanggan untuk Layanan Pemeliharaan KWh Meter 1 Fasa Prabayar di PT PLN (Persero) ULP Tabanan. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_20403_1915313038_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5, dan Referensi)
RAMA_20403_1915313038_0017057408_0014027605_part.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Chatterbot merupakan sebuah akun resmi dari suatu instansi yang memiliki fitur untuk mengirimkan pesan secara otomatis dengan kata kunci yang telah ditentukan. Sistem chatterbot dapat digunakan oleh pelanggan ataupun petugas pemeliharaan sebagai upaya untuk melakukan pelaporan secara digital terkait dengan pemeliharaan kWh meter 1 fasa prabayar. Dalam penelitian ini membahas mengenai permasalahan kWh meter “PERIKSA”, kWh blank, dan kWh minus. Alasan membuat media komunikasi menggunakan chatterbot yaitu sistem komunikasi yang digunakan oleh PT PLN (Persero) kurang komprehensif dalam menangani masalah keluhan pelanggan. Objek penelitian yang ditetapkan adalah PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Tabanan. Gagasan ini merupakan orisinal sebab chatterbot belum pernah ada di PT PLN (Persero). Proses pembuatan sistem chatterbot menggunakan hardware berupa smartphone serta software yakni WhatsApp dan sistem Autoresponder. Dalam proses pengujian sistem, peneliti melakukan dua metode pengujian menggunakan confusion matrix. Pada metode pertama pengujian sistem dilakukan dengan cara mengirimkan pesan secara berulang selama 100 kali percobaan pada masing-masing kata kunci yang telah tersedia dan mendapatkan hasil rata-rata berdasarkan perhitungan accuracy, precision, dan recall sebesar 100%. Sedangkan,pengujian metode kedua dilaksanakan dengan menggunakan 10 orang responden yang mengirimkan pesan secara bersamaan dalam satu waktu dan mendapatkan hasil rata-rata berdasarkan atas perhitungan accuracy, precision, dan recall sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Teknik > Teknik Elektro Dan Informatika > Bidang Teknik Elektro dan Informatika Lain Yang Belum Tercantum
Divisions: Jurusan Teknik Elektro > Prodi D3 Teknik Listrik > Tugas Akhir
Depositing User: Komang Popy Arthadi
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:44
Last Modified: 23 Sep 2022 12:22
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item View Item