Susila, Komang Bagus Mahaputra and Hermawati, Putu and Moi, Fransiska (2022) Analisis Kinerja Operasional Dan Tingkat Kepuasan Penumpang Bus Trans Metro Dewata Koridor Iv (Terminal Ubung – Sentral Parkir Monkey Forest). Repositori Politeknik Negeri Bali.
Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_22302_1815124006_pernyataan.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (131kB) |
|
Text (Artikel)
RAMA_22302_1815124006_artikel.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (514kB) |
Abstract
Kota Denpasar merupakan Ibu Kota Provinsi Bali yang menjadi pusat ekonomi, pendidikan dan parawisata dan juga ada Kabupaten Badung, Tabanan, dan Gianyar, yang secara geografis posisinya berdekatan dengan Kota Denpasar menyebabkan terpengaruhinya pertumbuhan mobilitas masyarakat, yang perlu didukung oleh sarana dan prasarana transportasi publik perkotaan yang memadai. Bus Trans Metro Dewata Koridor 4 (Terminal Ubung – Sentral Parkir Monkey Forest,PP) adalah salah satu kebijakan untuk meningkatkan mobilitas masyarakat, maka dari itu Bus Trans Metro Dewata Koridor 4 (Terminal Ubung – Sentral Parkir Monkey Forest,PP) harus dioperasikan secara efisien dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau kinerja operasional bus dan kepuasan pengguna akan pelaksanaan kinerja Bus Trans Metro Dewata Koridor 4 (Terminal Ubung – Sentral Parkir Monkey Forest,PP). Untuk meninjau parameter kinerja Bus Trans Metro Dewata Koridor 4 (Terminal Ubung – Sentral Parkir Monkey Forest,PP) dilakukan survei langsung di lapangan. Parameter kinerja yang ditinjau adalah waktu perjalanan, waktu antara, waktu ritase, kecepatan perjalanan, dan faktor muat. Sementara untuk mengetahui kepuasan penumpang atas kinerja pelayanan Bus Trans Metro Dewata, dilakukan penyebaran kuisioner terhadap 100 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Importance Performance Analysis. Berdasarkan hasil penelitian kinerja maka diperoleh waktu tempuh dan kecepatan perjalanan memenuhi syarat, waktu ritase dan faktor muat tidak memenuhi syarat. Dan waktu antara yang hampir memenuhi syarat. Berdasarkan hasil penelitian kepuasan penumpang terhadap kinerja pelayanan Bus Trans Metro Dewata, maka yang perlu mendapat perbaikan adalah kondisi fisik halte serta kenyamanan dan keamanan halte.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang > Transportasi |
Divisions: | Jurusan Teknik Sipil > Prodi D4 Manajemen Proyek Konstruksi > Skripsi |
Depositing User: | Komang Bagus Maha Putra Susila |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 12:02 |
Last Modified: | 29 Oct 2022 08:09 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/3668 |
Actions (login required)
View Item |