Kurniadi, Kadek Andy Juni and Marheni, Lily and Kariati, Ni Made (2022) Analisis Kinerja Pelayanan Pemanduan Kapal Penumpang Berdasarkan Waiting Time dan Approach Time di PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang Benoa Bali Periode 2021. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_63411_1915713054_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_1915713054_0007096409_0015127705_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (450kB) |
Abstract
Pelabuhan merupakan tempat dimana dilaksanakan berbagai macam pelayanan jasa guna untuk melancarkan seluruh kegiatan transportasi laut. Pelabuhan Benoa Bali adalah pelabuhan utama yang menunjuang dan memperlancar kegiatan arus lalu lintas transportasi angkutan laut serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Bali. Kinerja operasional pelabuhan menggambarkan tingkat pelayanan yang meliputi pelayanan pemanduan kapal (pandu, tunda, labuh, dan tambat) dan pelayanan barang (jasa dermaga dan penumpukan). PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang Benoa Bali adalah salah satu perusahaan penyedia jasa kepelabuhanan dimana melayani jasa pelayanan pemanduan kapal penumpang. Ketepatan waktu untuk saat kapal melakukan permohonan tambat hingga kapal dapat bersandar di dermaga merupakan penilaian kinerja pelayanan pemanduan kapal, karena mepengaruhi indikator waktu tunggu (waiting time) dan waktu pelayanan pemanduan (approach time). Penelitian ini untuk mengukur kinerja pelayanan pemanduan kapal penumpang pada PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang Benoa Bali. Hasil analisa kinerja pelayanan pemanduan pada PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang Benoa Bali berasarkan Standar yang telah ditetapkan dalam Surat Keputusan Direktur Jendral Perhubungan Laut Nomor UM.002/38/18.DJPL.11. Dinilai indikator yang diuji, memenuhi standar. Hasil nilai Waiting Time dan Approach Time pada kapal penumpang dari bulan Januari – Desember Tahun 2021 telah memenuhi standar yang baik. Namun sayangnya, terdapat sebanyak 5 buah kapal penumpang dari jumlah kunjungan kapal penumpang pada Tahun 2021, memiliki Waiting Time dan Approach Time yang melebihi dari standar yang ditetapkan sehingga dinyatakan kurang baik. Kata Kunci : Kinerja Pelayanan Pemanduan, Waiting Time, Approach Time
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen Transportasi |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir |
Depositing User: | Kadek Andy Juni Kurniadi |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 22:42 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 22:42 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/3750 |
Actions (login required)
View Item |