Pradana, Ida Bagus Made Nanda and Masih, Ni Ketut and Ayuni, Ni Wayan Dewinta (2022) Analisis Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Metode Balance Scorecard (Studi Kasus pada Perusahaan PT Gapura Angkasa Cabang Denpasar). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_62301_1815644110_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Refernsi)
RAMA_62301_1815644110_0029116404_0022068901_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (649kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja perusahaan dari PT Gapura Angkasa Cabang Denpasar dengan menggunakan empat perspektif yang ada di dalam metode balanced scorecard, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perpsektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu laporan laba rugi dan neraca, jumlah karyawan serta data produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan selama tahun 2018-2021. Kinerja perspektif keuangan diukur menggunakan indikator current ratio, debt to total asset ratio, return on investment dan return on equity. Kinerja perspektif pelanggan diukur menggunakan indikator kepuasan pelanggan. Kinerja perspektif proses bisnis internal diukur menggunakan indikator proses inovasi. Kinerja perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menggunakan indikator produktivitas karyawan dan kepuasan karyawan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dari penilaian kinerja perspektif keuangan ialah tidak baik karena dari semua indikator yang digunakan mendapatkan hasil bahwa kemampuan perusahan dalam mengelola keuangan dari tahun 2019-2021 terus menurun. Penilaian perspektif pelanggan mendapatkan hasil bahwa kepuasan pelanggan rata-rata sebesar (-0,70) berada di kriteria “cukup puas”. Perspektif proses bisnis internal mendapatkan hasil cukup baik, serta dari perspektif pertumbuhan dan pembelajaran berdasarkan indikator produktivitas karyawan mengalami penurunan produktivitas dan dari indikator kepuasan pelanggan mendaptkan hasil rata rata sebesar (-0,15) berada di kriteria ”sangat puas” sehingga dapat dikategorikan cukup baik. Kesimpulan dari penelitian ini mengenai penilaian kinerja perusahaan PT Gapura Angkasa Cabang Denpasar menggunakan metode balanced scorecard yaitu dari penilaian perspektif keuangan mendapatkan hasil tidak baik, sedangkan dari perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan mendapatkan hasil cukup baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi |
Depositing User: | Ida Bagus Made Nanda Pradana |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 04:40 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 04:40 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/3850 |
Actions (login required)
View Item |