Lisnowati, Agustina Putri and Prayustika, Putu Adriani and Suciani, Ni Ketut (2022) Analisis SWOT Dalam Merumuskan Strategi Pemasaran Untuk Meningkat-kan Penjualan Kamar Saat Pandemic Covid -19 Pada The Westin Resort Nusa Dua Bali. Repositori Politeknik Negeri Bali.
Text (Artikel)
RAMA_93308_1815744023_artikel.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (445kB) |
|
Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744023_pernyataan.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (382kB) |
Abstract
Abstrak: Bali sendiri merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat diminati oleh para wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik yang saat ini mengalami pukulan sangat berat dari Pandemi Covid-19. Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor di Bali yang paling terpukul karena Pandemic Covid-19. Dalam masa Pandemic Covid -19 ini strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting untuk di lakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi yang paling tepat dalam situasi Pandemic Covid 19. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan metode pedoman validitas dan reliabilitas instrumen serta kualitas pengumpulan data mengenai ketepatan cara pengumpulan data dan dilanjutkan dengan analisis SWOT, IFAS, EFAS, kuadran dan matriks SWOT. Penelitian ini dilakukan dengan sampel sebanyak 108 orang. Berdasarkan hasil dari analisis SWOT, Hasil dari analisis IFAS dan EFAS didapat titik koordinat sumbu X (internal) berada pada 0.67 dengan sumbu Y (external) 0.47. Hasil diagram SWOT menunjukkan bahwa posisi perusahaan terletak pada Kuadran I yaitu mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy). Artinya perusahaan memiliki kekuatan untuk mengambil keuntungan dari peluang yang ada, sehingga alternatif strategi yang dapat digunakan dalam matriks SWOT adalah Strategi SO (Strengths-Opportunities). Jadi Strategi yang harus diterapkan saat kondisi ini adalah dengan memanfaatkan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang. Kata kunci: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Pandemi Covid-19
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Agustina Putri Lisnowati |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 04:59 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 04:59 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/4344 |
Actions (login required)
View Item |